Snorkeling di Pulau Bira, Surga Bawah Laut Kota Jakarta

sejarah dan fakta pulau Ayer
Sejarah dan Fakta Pulau Ayer Yang Tidak Banyak Diketahui
April 21, 2021
Destinasi Wisata Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu
April 29, 2021
Show all

Snorkeling di Pulau Bira, Surga Bawah Laut Kota Jakarta

snorkeling di Pulau Bira

Siapa bilang tinggal di Jakarta sulit mencari tempat liburan menarik?  Mungkin Anda belum pernah mencoba serunya snorkeling di Pulau Bira. Pulau Bira merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Letak Kepulauan Seribu sendiri masih masuk dalam wilayah kota Jakarta khususnya Jakarta bagian Utara.

Mencari tempat liburan seru dengan nuansa alam  di tengah Kota Jakarta mungkin dianggap mustahil bagi sebagian orang. Jakarta telah dikenal sebagai kota padat yang penuh dengan hiruk pikuk dan kesibukan. Akan tetapi jika Anda mau melipir sedikit ke daerah pinggiran Jakarta, Anda bisa menemukan tempat menarik yaitu Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu terdiri dari banyak gugusan pulau, salah satunya adalah Pulau Bira. Pulau ini terkenal dengan wisata bawah lautnya yang masih cukup terjaga. Hal ini pastinya sangat menarik, mengingat letak Kepulauan Seribu tidak jauh dari Kota Jakarta. Jadi tidak heran jika Pulau Bira menjadi salah satu destinasi wisata warga Jakarta yang ingin merasakan suasana pantai dan laut.

Pulau Bira sangat terkenal dengan pesona bawah lautnya. Salah satu cara menikmatinya adalah dengan melakukan snorkeling di Pulau Bira. Dengan cara ini Anda bisa melihat sekaligus berinteraksi dengan berbagai biota laut yang ada di perairan pulau tersebut. Ini pastinya sangat menyenangkan jika Anda berlibur saat lebaran di pulau tersebut.

Pesona Bawah Laut Pulau Bira yang Sangat Menawan

Pulau Bira termasuk salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang memiliki pesona bawah laut paling menawan. Lokasinya yang cukup jauh dari Teluk Jakarta, membuat perairan di Pulau Bira terhindar dari pencemaran limbah sehingga kealamiannya masih cukup terjaga. Hal inilah yang membuat biota laut di pulau ini juga masih cukup beragam.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan airnya yang masih sangat jernih. Ada beragam biota laut yang bisa Anda nikmati, mulai dari ikan warna warni hingga beberapa jenis terumbu karang. Jika berani menyelam lebih dalam, maka akan semakin menakjubkan pemandangan yang bisa Anda lihat di Pulau Bira ini.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan pulau ini. Akan tetapi cara paling baik adalah dengan diving atau snorkeling di Pulau Bira. Dengan cara tersebut, Anda bisa mengeksplor keindahan bawah laut pulau ini dengan lebih maksimal bahkan bisa berinteraksi langsung dengan beragam hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya.

Bagi Anda yang tertarik mengeksplor pesona bawah laut Pulau Bira, tak perlu harus memikirkan peralatannya. Pasalnya di pulau tersebut sudah ada tempat penyewaan alat selam dan snorkeling yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu, snorkeling di Pulau Bira pasti bisa menjadi salah satu agenda libur lebaran yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Selain Snorkeling, Masih Banyak Aktivitas Seru di Pulau Bira

Pulau Bira memang terkenal dengan pesona keindahan bawah lautnya. Akan tetapi bukan tidak ada hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di pulau tersebut. Liburan di Pulau Bira bisa diisi dengan beragam aktivitas menarik. Beberapa aktivitas seru yang bisa Anda coba antara lain sebagai berikut :

Menjelajahi Pulau

Tak hanya snorkeling di Pulau Bira saja, aktivitas seru dan menariknya lainnya yang bisa Anda coba saat liburan di sini adalah jelajah pulau. Aktivitas ini biasa dilakukan menjelang sore ketika matahari mulai kembali ke peraduannya. Jelajah Pulau Bira bisa dilakukan baik melalui laut ataupun darat. Namun jika ingin melihat pemandangan yang lebih indah, jelajah pulau melalui laut adalah pilihan tepat.

Menikmati keindahan pantai

Menikmati keindahan pantai Pulau Bira juga bisa menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di pulau tersebut. Walaupun sangat populer dengan keindahan bawah laut, akan tetapi keindahan pantai Pulau Bira juga tak kalah cantik dibandingkan pantai-pantai lainnya. Di sini Anda bisa bermain pasir dan berenang di pinggir pantai bersama ikan-ikan kecil yang cukup jinak.

Pesta BBQ

Setelah snorkeling di Pulau Bira, paling asik jika langsung pesta BBQ di pinggir pantai. Kegiatan  ini paling seru lakukan jika Anda ikut open trip di Pulau Bira. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mempersiapkan peralatan dan bahan makanan karena semua telah disediakan oleh penyelenggara. Ini pastinya sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan seru namun tidak ingin repot.

Sensasi Liburan Seru Seakan di Pulau Pribadi

Pulau Bira merupakan pulau dari gugusan Kepulauan Seribu yang letaknya paling ujung dan paling jauh dari Teluk Jakarta. Hal inilah yang membuat Pulau Bira masih sangat alami bahkan keindahan bawah lautnya juga masih sangat terjaga. Kondisi ini membuat biota laut di pulau ini termasuk yang paling beragam dan lengkap di gugusan Kepulauan Seribu.

Selain sebagai destinasi wisata snorkeling di Pulau Bira, pulau ini sangat jarang dijamah manusia. Ini karena Pulau Bira memang bukan pulau hunian sehingga tidak heran jika Anda berkunjung ke pulau ini, kondisinya cukup sunyi dan alami.  Kondisi tersebut justru akan membuat Anda bisa merasakan sensasi liburan seakan di pulau pribadi.

Walaupun bukan termasuk pulau berpenghuni, akan tetapi Pulau Bira tetap didukung dengan fasilitas cukup lengkap. Di pulau ini terdapat beberapa penginapan dan cottage yang bisa Anda sewa setelah seharian mengeksplor dan snorkeling di Pulau Bira. Namun yang perlu Anda ketahui, jumlah penginapan di pulau ini masih sangat terbatas sehingga Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Berlibur di Pulau Bira memang bisa menjadi salah satu cara untuk memang bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat dan stress karena aktivitas dan pekerjaan. Tak hanya itu, tempat ini juga sangat cocok untuk destinasi wisata saat libur lebaran karena banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di pulau tersebut. baca paket pulau tidung

Lokasi dan Transportasi ke Pulau Bira

Pulau Bira merupakan salah satu pulau dari puluhan pulau lainnya yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pulau paling ujung yang lokasi tepatnya berada di Kelurahan Pulau harapan Kecamatan Pulau Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta. Lokasi Pulau Bira sebenarnya tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta dan bisa ditempuh dalam waktu beberapa jam saja dengan melalui jalur laut.

Jika ingin liburan dan snorkeling di Pulau Bira, Anda bisa memilih dua alternative transportasi untuk sampai di pulau tersebut. Pertama Anda bisa melalui Pelabuhan penyeberangan Muara Angke. Dari sini Anda bisa menyeberang menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh kurang lebih 3 sampai 4 jam menuju pulau seribu.

Kemudian perjalanan akan dilanjutnya dengan perahu yang lebih kecil untuk sampai Pulau Bira. Pilihan kedua yaitu melalui Pantai Marina Ancol. Dari sini, Anda bisa menyewa perahu boat dengan tariff kurang lebih Rp 250.000  per orangnya. Waktu tempuh jika menggunakan perahu boat ini bisa lebih cepat yaitu hanya sekitar 2 jam saja untuk sampai di Pulau Bira.

Itulah ulasan menarik tentang liburan di Pulau Bira yang perlu Anda ketahui. Mengisi waktu liburan dengan pergi ke pulau memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Akan lebih menyenangkan lagi, jika ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau tersebut. Salah satu contohnya seperti snorkeling di Pulau Bira dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Comments are closed.