Paket Wisata Pulau Macan

pulau macan ya Wisata bertema eco resort menjadi idola baru di kalangan wisatawan dalam negeri, dalam beberapa tahun belakang. Saat ini, banyak orang yang lebih merasa tertantang untuk mengeksplorasi keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa dibanding keindahan buatan manusia. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda, cobalah petualangan di Pulau Macan, Kepulauan Seribu.

Pulau resort ini terbagi menjadi dua, yakni Pulau Macan Besar dan Pulau Macan Gundul. Pulau Macan Besar merupakan destinasi wisata, di amna terdapat eco resort yang dilengkapi fasilitas penunjang untuk aktivitas pariwisata di pulau ini. Sementara itu, Pulau Macan Gundul bukanlah pulau dalam arti sesungguhnya. Pulau mungil ini baru akan terlihat jika air laut surut. Sementara itu, jika air laut pasang, maka pulau kecil ini akan tenggelam. Pulau Macan Gundul bisa dijangkau dari Pulau Macan Besar hanya dengan berjalan kaki.

pulau macan

pantai pulau macan

Fasilitas Eksklusif Hemat Energi bagi Wisatawan di Pulau Macan

Sebagai pulau resort, Pulau Macan dikelola oleh pribadi, dan pengelolaannya dilakukan secara profesional sehingga para wisatawan yang datang berkunjung betah berlama-lama di pulau ini. Pariwisata di pulau ini mengusung konsep dekat dengat alam, hemat energi, dan ekosistem laut yang lestari. Hal itu terlihat jelas dari sejumlah fasilitas yang disediakan, namun tidak mengabaikan kenyamanan pengunjung. Untuk kenyamanan wisatawan, ada beberapa fasilitas eksklusif yang disediakan pengelola pulau, antara lain:

Cottage Bernuansa Alami

Konsep eco resort terpancar jelas dari hampir semua fasilitas yang tersedia di Pulau Macan. Salah satunya terlihat dari cottage yang mengusung tema alam dan menggunakan nama-nama alam, seperti Red Brick, Tent, Sunset Hut, Drift Wood, White Sand Beach, Eco Wood, the Club House, dan sebagainya. Dari namanya saja, anda pasti bisa membayangkan nuansa alami yang dihadirkan saat menginap di cottage ini. Ada cottage yang menyuguhkan pemandangan sunset yang eksotis, langsung di hadapan anda. Ada pula cottage yang mengusung konsep seperti tenda terbuka, dan cottage dengan arsitektur kayu yang membuat anda serasa menyatu dengan alam.

Fasilitas yang tersedia di eco resort bervariasi, mulai dari tempat tidur, air mineral, hingga pendingin ruangan. Namun ada juga cottage yang hanya dilengkapi kipas angin, karena interior cottage memang sudah dipenuhi sirkulasi udara dan cahaya. Misalnya adalah cottage Type Tent, yang modelnya mirip kelambu. Sebenarnya, AC maupun kipas angin tidak diperlukan di dalam cottage ini, karena sirkulasinya baik sehingga suasana di dalamnya tetap sejuk.

Secara total terdapat 10 kamar cottage di Pulau Macan. Bisa dibayangkan jika kapasitas pengunjung memang dibatasi. Anda tidak bisa keluar-masuk pulau secara bebas, karena jika kuota pengunjung sudah terpenuhi, maka pengelola tidak akan menerima pengunjung tambahan.

Fasilitas Watersports

Aktivitas ini seolah-olah telah menjadi ‘menu’ wajib dalam Paket Wisata Pulau Seribu, termasuk di Pulau Macan. Setiap paket wisata termasuk fasilitas gratis alat-alat watersports, seperti Canoe, Banana Boat, Kayak, Donut Boat, dan sebagainya.

Fasilitas Snorkeling dan Diving

Sewa peralatan snorkeling dan diving biasanya sudah termasuk dalam paket wisata Pulau Macan. Anda tidak lagi harus mengurusi sewa alat, karena sudah termasuk dalam harga paket yang ditawarkan. Snorkeling dan diving di sekitar Pulau Macan merupakan aktivitas idola para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Macan.

Fasilitas Olah Raga Pantai

Menjaga kesehatan raga pastinya sama pentingnya dengan kesehatan jiwa. Selama berwisata, bukan berarti anda memanjakan diri dengan bersantai atau duduk-duduk saja. Anda bisa menikmati waktu yang menyenangkan bersama keluarga sambil berolah raga di pagi hari. Ada fasilitas seperti volley pantai, sepeda, dan sebagainya untuk anda menjaga kebugaran selama berada di pulau.

Aktivitas Wisata Terfavorit di Pulau Macan

Siap mengeksplorasi kecantikan Pulau Macan? Pulau ini begitu mempesona, sehingga anda tidak akan pernah kehilangan akal dan ide untuk mengeksplorasi segala keindahannya. Berikut adalah beberapa aktivitas yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Pulau Macan:

Santai di Cottage

Cottage yang ada berada pada posisi yang strategis untuk pengunjung menikmati suasana. Anda bisa bersantai di teras cottage sambil menikmati camilan, menghadap ke laut lepas. Atau, anda bisa bersantai di cottage berbentuk tenda sambil rebahan, tanpa merasa terganggu dan sesak oleh banyaknya pengunjung lain.  Kuota pengunjung yang dibatasi memberi ruang yang cukup bagi wisatawan untuk mendapatkan privasi saat berlibur.

Snorkeling dan Diving

Tahukah anda bahwa Pulau Macan adalah salah satu spot snorkeling terbaik di Pulau Seribu? Anda tidak harus kemana-mana untuk menemukan titik snorkeling yang diburu oleh ribuan wisatawan asing maupun lokal. Pulau Macan adalah titik snorkeling. Anda tidak akan kesulitan menemukan terumbu karang indah dan segerombolan ikan kecil warna-warni yang bermain di antaranya.

Terumbu karang di wilayah Pulau Macan masih sangat terjaga. Pemandangan bawah laut yang mempesona siap menanti anda. Saat snorkeling, anda bisa membawa kamera underwater yang disiapkan oleh pengelola. Jadi, setiap momen indah dan spot cantik di bawah sana bisa anda ‘bawa pulang’ dalam wujud foto-foto cantik yang Instagrammable.

Namun, jika ingin melihat lebih banyak pulau, cobalah agendakan acara island hopping atau sunset cruise, sehingga anda dan rombongan bisa berkeliling melihat keindahan pulau-pulau terdekat dari Pulau Macan. Untuk daerah yang diperbolehkan snorkeling, anda bisa menyelinginya dengan snorkeling atau diving. Jika tidak, anda cukup menikmati pemandangan alam yang eksotis di sore hari di laut terbuka. Pemandangan tanpa batas pastinya akan membuat anda terpukau.

Watersports dan Olah Raga Pantai

Seperti dijelaskan di atas, pengelola pulau menyediakan sejumlah fasilitas untuk menambah keseruan bagi pengunjung saat berlibur. Anda bisa berolah raga air secara berkelompok atau berpasangan, seperti naik banana boat, donut boat, kayak, dan sebagainya. Demikian juga permainan volley pantai. Olah raga ringan dan sedikit tantangan adrenalin dapat menstimulasi konsentrasi dan semangat anda, bukan?

Keunikan Fasilitas Penunjang Pariwisata di Pulau Macan

Pulau Macan berukuran kecil dan berada di wilayah utara Kepulauan Seribu. Karena posisinya yang cukup jauh, pulau ini tidak banyak tersentuh oleh teknologi modern maupun fasilitas yang canggih. Karena keterbatasan itu, pengelola pulau berinovasi untuk memanfaatkan kekayaan alam dalam rangka memenuhi kebutuhan pengelola maupun pengunjung di pulau.

Pengelola Pulau Macan memberi perhatian khusus terhadap keseimbangan alam melalui pariwisata yang hemat energi, mengusung misi konservasi, pemberdayaan masyarakat, dan penyediaan makan organik. Jadi, wisatawan tidak hanya merasa dekat dengan alam namun juga merasa ikut berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan dan keseimbangan ekosistem alam.

Selain cottage bertema alam dan mengusung nama-nama alam, berikut adalah beberapa hal unik yang akan anda temui saat berlibur di pulau ini:

Makanan Organik

Ini adalah keunikan sekaligus keunggulan Pulau Macan. Pengelola pulau memiliki lahan pertanian organik sendiri. Makanan yang disajikan kepada pengunjung diolah dari hasil panen sendiri sehingga terjamin keorganikannya. Anda bisa menikmati makanan lezat dengan keyakinan bahwa makanan yang anda nikmati benar-benar aman dan baik untuk kesehatan.

Energi Listrik dari Solar Cell

Pulau Macan memanfaatkan teknologi solar cell untuk memenuhi kebutuhan listrik, dan mendistribusikannya ke sarana pendukung pariwisata yang ada di pulau. Teknologi ini memanfaatkan sinar matahari, sehingga pengelola tidak bergantung kepada ketersediaan energi listrik dari perusahaan listrik negara.

Pengelolaan Limbah

Limbah yang dihasilkan dari aktivitas pariwisata di Pulau Macan dikelola secara cerdas dalam sebuah fasilitas pengolahan limbah, sehingga residue-nya aman dilepaskan kembali ke alam. Ada yang digunakan menjadi pupuk untuk tanaman pada kebun organik mini milik pengelola pulau. Terkadang, proses daur ulang sampah dan pemeliharaan tanaman organik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ada yang sengaja datang ke kebun mini ini untuk melihat prosesnya.

Konservasi Karang

Misi untuk menjaga keseimbangan alam juga terlihat pada paket wisata yang ditawarkan. Selain snorkeling, diving, watersports, dan olah raga air, agen wisata Pulau Macan menyediakan paket konservasi karang, seperti transplantasi karang. Paket ini bertujuan untuk memperkenalkan siklus hidup karang sekaligus menggugah kesadaran wisatawan untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam.

Pemberdayaan Masyarakat

Konservasi alam tidak akan terwujud jika masyrakatnya tidak peduli. Inilah yang ditanamkan dalam tema pariwisata di Pulau Macan. Pengelola tidak menyediakan fasilitas mewah ala hotel, melainkan fasilitas yang mendekatkan pengunjung kepada alam dan meminimalisir pemborosan energi, baik listrik maupun air. Pengelolaan sampah dan limbah dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak merusak alam. Pengelola pulau memberikan penekanan khusus kepada wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena fasilitasnya sudah disediakan.

Paket Wisata Pulau Macan, Kepulauan Seribu

Untuk sampai di pulau macan, anda akan menaiki speed boat dari Marina Ancol Jakarta, dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Cukup jauh, bukan? Justru lokasinya inilah yang membuat pulau ini tetap terjaga keasriannya. Karena lokasinya pula, tidak ada rute kapal ferry khusus ke Pulau Macan. Artinya, anda tidak bebas keluar-masuk pulau.

Anda bisa mencegah rasa bosan atau mual selama perjalanan dengan membawa sesuatu untuk menghibur anda. Misalnya adalah pemutar musik atau video, buku kesukaan, atau camilan. Jika ada aktivitas yang anda sukai, maka waktu yang lama di perjalanan akan berlalu tanpa begitu melelahkan.

Demikian juga dengan fasilitas umum yang sangat minim di pulau. Semua sarana yang ada disediakan oleh pengelola. Tidak ada fasilitas seperti warung untuk membeli kebutuhan harian, toko pakaian, ATM, atau penyewaan peralatan watersports selain yang disediakan pengelola. Bahkan, jarang sekali ada nelayan yang sampai ke pulau ini.

Jadi, cara terbaik untuk berwisata ke Pulau Macan adalah bersama agen perjalanan wisata Pulau Macan. Pihak agen akan mengurusi segala keperluan anda, mulai dari penyewaan speed boat, izin masuk pulau, pengaturan jadwal keberangkatan, konsumsi, akomodasi, hingga penyewaan sarana dan prasarana watersports dan snorkeling. Anda juga tidak disarankan untuk berwisata sambil camping karena kuota penginjing sangat dibatasi.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan agen perjalanan wisata untuk mengetahui barang apa saja yang bisa dibawa dan tidak bisa dibawa ke pulau. Sebagian pulau di wilayah utara adalah kawasan konservasi, jadi anda juga harus mengetahui batasan-batasan daerah yang bisa dieksplorasi untuk snorkeling dan yang tidak.

Paket Wisata Pulau Macan Kep seribu

harga paket pulau macan

fasilitas paket pulau macan