Paket Wisata Pulau Pramuka

Di antara jejeran pulau indah di Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka adalah salah satu yang terpenting, karena secara administrasi, pulau ini merupakan Ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan. Meski demikian, pariwisata tetaplah menjadi primadona di pulau ini.  Sebagai sebuah destinasi, pulau ini menawarkan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pulau lainnya. Di antaranya adalah fasilitas pelayanan umum yang jauh lebih lengkap dan pilihan akomodasi yang lebih beragam.

pulau pramuka

Keunggulan Pulau Pramuka Sebagai Destinasi Wisata

Seperti dibahas di atas, Pulau Pramuka unggul dalam beberapa hal dibanding pulau-pulau lainnya. Yang paling utama adalah fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Tentunya, alamnya juga tidak kalah menawan. Berikut adalah informasi tentang fasilitas Pulau Pramuka, sebagai rujukan bagi anda:

Berlibur ke Pulau Pramuka sangat nyaman dilakukan untuk keluarga, karena anda tidak akan kekurangan fasilitas di sini. Misalnya, sarana peribadatan, seperti mesjid dan musholla udah ditemukan, ditambah fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, dermaga, kantor pos, dan bahkan ATM. Fasilitas-fasilitas seperti ini jarang tersedia di pulau lainnya.

Untuk pilihan akomodasi, Pulau Pramuka adalah salah satu juaranya di Kepulauan Seribu. Ada begitu banyak pilihan, seperti villa dan homestay. Jadi, anda bisa menyesuaikan fasilitas akomodasi dengan budget yang tersedia. Anda juga bisa memilih berdasarkan lokasi yang diinginkan, misalnya, homestay yang menghadap ke laut lepas. Jika berdasarkan fasilitas, pilihannya juga beragam. Misalnya, anda bisa menemukan villa yang memiliki fasilitas lengkap seperti AC, dispenser air, dan sebagainya.

penginapan pulau pramuka

Anda tidak akan kesulitan menjangkau pulau ini, karena ada kapal yang berangkat rutin dari Pelabuhan Muara Angke. Ada  jadwal keberangkatan tersendiri ke pulau. Selain itu, ongkos kapal sangat terjangkau. Namun, jika anda ingin waktu tempuh menuju pulau lebih singkat, maka anda bisa naik speed boat dari Marina Ancol.

kapal ke pulau pramuka

Jangan khawatir kalaupun paket wisata Pulau Pramuka yang anda ambil belum termasuk sewa peralatan watersports. Di pulau ini, anda tidak akan kesulitan menemukan tempat penyewaan berbagai alat untuk kegiatan liburan anda, Misalnya adalah peralatan snorkeling dan diving, kayak, canoe, donut boat, dan apalagi banana boat. Demikian juga bagi anda yang gemar bersepeda dan ingin melihat-lihat kawasan pemukiman di Pulau Pramuka. Anda bisa menyewa sepeda dengan tarif yang sangat terjangkau, bahkan untuk dipakain seharian sekalipun.

Aktivitas Wisata Terbaik di Pulau Pramuka

Selain scuba diving dan snorkeling, beberapa atraksi dan aktivitas berikut pastinya sayang jika dilewatkan:

Penyu spesies langka ini termasuk hewan yang dilindungi. Cobalah menyempatkan diri untuk melihat sendiri bagaimana penyu-penyu langka ini hidup dan berkembang biak. Aktivitas lain yang kerap dimasukkan dalam agenda perjalanan wisata Pulau Pramuka adalah pelepasan penyu dewasa ke laut lepas. Penyu langka yang sudah dipelihara kemudian dilepaskan ke laut setelah dianggap cukup dewasa untuk bisa bertahan di laut lepas.

 Karena perairannya yang masih terjaga, aneka jenis ikan juga bisa ditemukan di perairan sekitar Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Tidak heran jika memancing menjadi salah satu aktivitas favorit para wisatawan di pulau ini. Anda bisa memasang joran di sekitar dermaga. Namun, jika ingin menemukan spesies ikan yang lebih bervariasi, cobalah menyewa kapan kayu milik nelayan setempat untuk menuju ke spot-spot memancing sekitar pulau.

Meski merupakan pusat pemerintahan, kawasan Pulau Pramuka tidaklah terlalu luas. Anda bisa menjelajahinya menggunakan sepeda hanya dalam waktu sekitar 1 jam. Pastinya asyik jika anda bisa melihat-lihat kehidupan masyarakat setempat secara lebih dekat sambil melakukan olah fisik mengayuh sepeda. Aktivitas jelajah pulau ini bisa anda lakukan di pagi hari sebagai pengganti olah raga atau sore hari sambil menikmati suasana senja di Kepulauan Seribu

Jika anda gemar berburu spot-spot Instagrammable di setiap destinasi wisata, jangan lupa membawa foto dengan resolusi tinggi ke Pulau Pramuka. Hiasi feed atau story anda di Instagram, Facebook, atau WhatsApp dengan foto-foto ciamik yang anda abadikan di sepanjang perjalanan. Pemandangan alam pulau ini menjadi background foto yang sangat indah. Selain itu, ada beberapa spot fotografi yang sengaja disiapkan oleh pemerintah atau penduduk setempat untuk para wisatawan.

Seperti namanya, area ini adalah tempat pembudidayaan hiu dan beberapa spesies ikan laut untuk konsumsi. Meski dikelola pribadi, area budidaya ini terbuka untuk wisatawan. Bahkan, pengelola menyediakan fasilitas khusus berupa Resto, di mana pengunjung bisa menikmati makan siang sambil bersantai, dengan menu olahan dari ikan laut segar hasil keramba. Setelah makan siang, anda dan rombongan bisa melihat fasilitas penangkaran hiu dan melihat secara dekat bagaimana hiu tinggal di habitat buatan tersebut.

Ini adalah salah satu aktivitas yang biasanya ada di paket wisata Pulau Seribu, termasuk di Pulau Pramuka. Tentunya lebih asyik jika anda bisa melihat dua, tiga, atau lebih pulau dalam sekali kunjungan. Di Pulau Pramuka, island hopping bisa dilakukan ke pulau-pulau kecil sekitarnya, seperti Pulau Semak Daun, Pulau Air, Pulau Gosong Patrick, dan sebagainya. Namun, jika ingin melihat pulau lain yang juga berpenduduk, cobalah atur perjalanan yang termasuk kunjungan ke Pulau Panggang

sebuah pulau berpenduduk yang bisa dijangkau dengan jarak tempuh sekitar 15 menit dari Pulau Pramuka. Konon, ini adalah pulau berpenduduk terpadat di Kepulauan Seribu. Di sini, ada lokasi penampungan produk setempat, seperti ikan hias hasil tangkapan nelayan dan karang. Komoditi laut ini dibawa keluar sebagai komoditi ekspor. Pulau Panggang juga memiliki fasilitas pembibitan kerapu macan, ikan bandeng, dan kerapu tikus, yang juga merupakan komoditi ekspor. Jadi, kunjungan ke Pulau Panggang akan memperkaya wawasan anda tentang denyut nadi perekonomian di Kepulauan Seribu.

Snorkeling dan Diving di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka menjadi salah satu pulau berpenduduk dan pusat pemerintahan tentunya bukan tanpa alasan. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang tidak terbantahkan. Perairannya jernih, menciptakan gradasi warna biru kehijauan. Di bawah permukaan lautnya, terdapat gugusan terumbu karang yang cantik, serta berbagai jenis ikan yang menambah pesona keindahan alam bawah lautnya.

Ada beberapa aktivitas dan atraksi yang sayang jika tidak anda nikmati saat berkunjung Pulau Pramuka. Di antaranya adalah Snorkeling dan Scuba Diving. Kedua aktivitas ini diperbolehkan dilakukan wisatawan di sekitar Pulau Pramuka. Ini menggambarkan kalau perairannya masih jernih dan bebas dari polusi bawaan dari Ibukota Jakarta. Pulau Pramuka terletak di wilayah utara Kepulauan Seribu. Lokasinya memang cukup jauh dari Ibukota Jakarta. Jadi, tidak heran jika alamnya masih terjaga dan perairan di sekitarnya masih bebas dari polusi, sehingga aman untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Sayang sekali jika anda tidak melihat sendiri keindahan terumbu karang dan aneka jenis ikan kecil yang hidup di sekitarnya. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan spot-spot tercantik di antara gugusan terumbu karang tersebut. Jika belum pernah melakukan snorkeling, anda bisa meminta bantuan seorang instruktur yang biasanya tersedia di agen perjalanan wisata Pulau Pramuka.

Ada beberapa spot snorkeling dan diving terkenal di sekitar Pulau Pramuka. Di antaranya adalah:

yang menjadi salah satu idola para snorkeler dan diver, karena ikan-ikannya yang cantik serta terumbu karangnya yang terpelihara. Ingin mencoba tantangan memasuki area terumbu karang yang cukup besar dengan celah-celah yang sempit? Cobalah di sekitar APL

 Spot favorit lainnya adalah perairan sekitar Pulau Semak Daun, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang berdekatan dengan Pulau Pramuka. Untuk mencapai spot snorkeling ini, anda beserta rombongan bisa menyewa kapal kayu milik penduduk setempat

yang juga merupakan pulau kecil tanpa penduduk. Pulau mungil ini kerap digunakan wisatawan backpacker sebagai area camping, dan merupakan salah satu favorit di kalangan snorkeler.

Paket Wisata Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Seperti dibahas di atas, paket wisata Pulau Pramuka tersedia dalam berbagai skema atau pilihan, tergantung lamanya kunjungan, fasilitas yang diinginkan, rute perjalanan, serta budget yang tersedia. Fasilitas dan harga yang disediakan agen perjalanan wisata Pulau Pramuka sangat beraneka ragam. Namun, secara garis besar anda akan mendapatkan fasilitas, seperti:

  • Tiket kapal ferry dari Muara Angke – Pulau Pramuka (PP). Harga tiket sudah termasuk asuransi laut;
  • Homestay dengan fasilitas AC
  • Makan 3x sehari
  • Sewa perahu nelayan lokal. Perahu ini akan dibutuhkan untuk snorkeling dan island hopping;
  • Peralatan snorkeling 1 set lengkap, seperti gogle, spin, dan snorkel;
  • Kamera bawah air
  • Fasilitas BBQ untuk bakar ikan di malam terakhir sebelum pulang;
  • Guide profesional

Sementara itu, fasilitas pribadi dan perlengkapan pribadi tidak termasuk dalam harga paket. Demikian juga dengan makan/minum di luar paket, oleh-oleh,  maupun tips bagi pemandu, karena semua ini bersifat sukarela dan perlu atau tidaknya diputuskan sendiri oleh wisatawan. Harga paket juga tidak termasuk perlengkapan pribadi, seperti sunscreen, sunglasses, topi, air minum, sandal, pakaian ganti, dan obat-obatan.

Bagaimana dengan harganya? Harga paket wisata Pulau Pramuka sangat terjangkau. Untuk sekali kunjungan menginap semalam (1D, 1N), anda hanya membayar beberapa ratus ribu saja, tidak sampai jutaan! Semakin banyak jumlah peserta dalam rombongan, semakin kecil biaya yang anda keluarga, karena semua biaya bisa dibagi antara peserta. Sebaliknya, anda harus bersiap membayar lebih untuk kunjungan yang sifatnya privat, seperti honeymoon. Demikian juga jika anda menginginkan transportasi dengan speed boat. Ongkos speed boat pastinya lebih mahal, jadi anda juga harus mengantisipasinya.

Semakin lama durasi paket yang anda ambil, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan, namun semakin banyak destinasi yang bisa dikunjungi dan petualangan yang bisa anda lakukan. Sama halnya jika anda memiliki permintaan khusus, seperti malam perpisahan diiringi alunan masik. Ada biaya ekstra yang harus anda keluarkan. Pulau Pramuka memiliki sederet lokasi menarik, sehingga anda tidak akan bosan tinggal berlama-lama di pulau ini. Namun, jangan kelamaan ya…..

Paket Wisata Pulau Pramuka Kep seribu

PAKET ONE DAY PULAU PRAMUKA

harga paket 1 hari pulau pramuka

PAKET 2 HARI 1 MALAM PULAU PRAMUKA

PAKET 3 HARI 2 MALAM PULAU PRAMUKA