Paket Wisata Pulau Harapan

Nama Pulau Seribu atau Kepulauan Seribu pastinya tidak asing lagi, bukan? Apalagi di era, di mana masyarakat lebih memiliki lokasi wisata yang tidak terlalu padat, namun memberikan tingkat privasu yang lebih tinggi serta menawarkan lingkungan yang lebih asri dan nyaman. Satu lagi pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu adalah Pulau Harapan, sebuah pulau yang hadir dengan keindahan dan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Meski berpenduduk, pulau ini tidak terlalu padat. Namun, yang paling menarik adalah pulau-pulau kecil dan atraksi sekitar Pulau Harapan.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pulau Harapan dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Pulau-pulau ini masih terjaga keasliannya. Anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang natural dan bersih. Pulau berjarak sekitar 60 KM dari Kota Jakarta ini masih relatif bebas dari polusi bawaan dari Ibukota. Oleh sebab itu, Pulau Harapan menjadi salah satu idola bagi para snokeler dan diver, karena airnya yang jernih.

 

Aktivitas Favorit Wisatawan di Pulau Harapan

Jika anda berkunjung ke Pulau Harapan, maka  pastikan Paket Wisata Pulau Harapan yang anda ambil sudah termasuk beberapa aktivitas wajib di pulau ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Apa yang terbayang di fikiran anda tentang berkunjung ke pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu? Kenyataan yang anda temukan akan lebih cantik daripada bayangan anda! Di sekitar Pulau Harapan, ada sekitar dua puluh empat pulau kecil tak berpenghuni yang menawarkan pesona yang beraneka ragam. Meski semuanya khas kepulauan, ada daya tarik khusus yang ditawarkan masing-masingnya.

Tergantung paket yang anda ambil, anda bisa mengunjungi hingga enam pulau dalam sekali aktivitas island hopping di sekitar Pulau Harapan. Di antaranya adalah Pulau Perak, Pulau Gosong, dan Pulau Bira. Bersamaan dengan aktivitas jelajah pulau, anda bisa mencoba spot snorkeling dan diving di masing-masing pulau.  Artinya, untuk mengunjungi semua pulau kecil ini, setidaknya anda membutuhkan empat kali aktivitas island hopping. Tidak salah jika para wisatawan mengatakan bahwa sekali berkunjung ke Pulau Harapan tidaklah cukup untuk menikmati keindahannya.

Ini adalah aktivitas wajib bagi pecinta snorkeling dan diving. Tidak lengkap liburan anda ke Pulau Harapan sebelum menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Jangan ragu untuk melakukan snorkeling di sekitar pulau ini, karena air lautnya bebas dari dampak polusi di Ibukota. Gugusan pulau di sekitar Pulau Harapan masih menyajikan gradasi warna hijau kebiruan yang asri dan cantik.

Selama snorkeling, anda akan menyaksikan sendiri keindahakan di masing-masing pulau. Terumbu karang yang masih sehat dan terjaga, serta ikan-ikan cantik yang hanya ditemukan di sekitar karang merupakan pemandangan langka yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Spot snorkeling terfavorit di sekitar Pulau Harapan antara lain, Pulau Putri, Pulau Macan Gundul, dan Pulau Kayu Angin Genteng.

Menurut pengalaman para wisatawan, ternyata alam bawah laut Pulau Macan Guntul menawarkan daya tarik tersendiri. Ada spot foto bawah laut yang Instagrammable, alias cocok untuk mengisi feed anda di Instagram. Tidak perlu cemas jika harus membawa kamera DSLR atau ponsel anda saat snorkeling. Paket wisata Pulau Harapan biasanya sudah termasuk sewa kamera bawah laut yang akan memungkinkan anda mengabadikan spot-spot cantik di dalam air.

Sayang sekali jika anda berkunjung ke Pulau Harapan namun tidak berkesempatan mengabadikan momen cantik saat matahari tebit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset). Jika anda mengambil paket One Day Tour, berarti anda tiba di pulau saat matahari sudah tinggi dan kembali saat matahari belum tenggelam. Artinya lagi, anda kehilangan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan eksotis di dua momen ini.

Jika anda berencana bermalam di Pulau Harapan, sebaiknya sediakan kamera beresolusi tinggi agar anda bisa mengabadikan momen indah ketika matahari terbit dan tenggelam dalam bentuk foto cantik.

Liburan Keluarga di Pulau Harapan

Ingin berlibur bersama keluarga tercinta di Pulau Harapan? Mengapa tidak? Pulau ini berpenduduk, jadi sangat nyaman untuk liburan bersama buah hati anda. Pulau Harapan memiliki sejumlah akomodasi dengan fasilitas yang cukup baik untuk keluarga, ditambah fasilitas umum lainnya.  Putra-putri anda tidak akan kesepian berada di pulau ini, karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Di antaranya:

Anda ingin ada muatan ilmu pengetahuan pada liburan kali ini? Ajaklah si kecil mengunjungi kawasan konservasi di Pulau Harapan.  Di Pulau Harapan, terdapat Taman Biota Laut yang merupakan kawasan konservasi penyu. Program ini berupaya membudidayakan penyu yang saat ini sudah semakin langka. Setelah mencapai usia tertentu, penyu-penyu ini sudah bisa dilepas ke laut. Momen pelepasan penyu ke laut lepas menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Selain mengusung tema keilmuwan, aktivitas ini mengusung tema konservasi, alias pelestarian alam. Bayangkan betapa indahnya suasana ketika anda berjalan di jembatan kayu yang dikelilingi hutan mangrove. Pulau ini berada di Pulau Kelapa Dua, yang juga merupakan area penangkaran penyu sisik.  Berjalan menyusuri jembatan mangrove pastinya menjadi pengalaman menyenangkan, dan jangan lupa mengabadikannya melalui foto-foto ciamik.

Wisata kepulauan pastinya dipenuhi dengan aktivitas bernuansa air. Namun, Pulau Harapan menawarkan beberapa pantai cantik yang sayang untuk dilewatkan. Jangan membayangkan pantai yang dipenuhi banyak pengunjung sehingga anda tidak mendapatkan privasi. Pantai-pantai di Pulau Harapan laksana mutiara terpendam yang keasriannya masih terjaga. Ingin tahu apa saja pantai tersebut?

  • Pantai Pulau Dolphin. Jika anda pecinta fotografi dan hobby ‘mejeng’ di Instagram, maka anda akan menemukan banyak spot Instagrammable di pantai ini. Pulau mungil ini cocok sebagai area bersantai, dan merupakan lokasi yang ideal untuk backpacker yang ingin mendirikan tenda camping. Anda dan rombongan bisa menikmati suasana yang tenang, jauh dari hiruk-pikuk ibukota.
  • Pantai Pulau Perak. Satu lagi pulau kecil di sekitar Pulau Harapan yang memiliki pantai yang sangat cantik, ditandai dengan hamparan pasir putih yang landai. Bukan hanya cocok sebagai lokasi liburan keluarga, Pantai Pulau Perak juga cocok sebagai spot foto yang Instagrammable. Berada di pulau ini, anda akan merasa seperti berada nun jauh dari Ibukota Jakarta.
  • Pulau Gosong Perak. Pulau ini sebenarnya tidak memenuhi kriteria sebagai sebuah pulau. Selain ukurannya yang sangat kecil, pulau ini tampak seperti hamparan pasir di tengah laut. Jadi, semua bagiannya adalah pantai. Bayangkan betapa indahnya foto yang dihasilkan dengan latar belakang laut di kiri kanan anda. Pulau mungil ini tidak selalu terlihat. Saat pasang, pulau Gosong Perak pastinya terendam air. Jadi, anda hanya bisa berkunjung ketika air laut sedang surut.
  • Pantai Pulau Bulat. Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih yang cantik, ideal sebagai spot fotografi, atau sekedar tempat bersantai sambil menunggu matahari tenggelam di ufuk barat.

pulau harapan

Memilih Paket Wisata Pulau Harapan

Satu lagi keunggulan Pulau Harapan adalah tersedianya banyak pilihan paket wisata bagi calon pengunjung. Alhasil, anda bisa mendapatkan harga paket yang sangat bersaing. Sebenarnya, ada  beberapa cara yang berbeda untuk menikmati keindahan Pulau Harapan, yakni:

Liburan Ala Backpacker Pulau Harapan

Anda bisa berkunjung ke Pulau Harapan ala backpacker. Artinya, anda dan teman-teman tidak menginap di salah satu homestay, melainkan memilih untuk mendirikan tenda di tepi pantai. Anda bisa menemukan tempat penyewaan tenda / kemah di pulau ini. Namun, anda juga harus mengetahui keuntungan dan kelemahannya, misalnya:

  • Keuntungannya adalah biaya perjalanan wisata anda lebih murah, karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk hotel, namun cukup menyewa tenda seharga puluhan ribu. Demikian juga dengan konsumsi, anda bisa mencari makanan khas lokal yang disediakan penduduk setempat dengan harga yang lebih miring. Kemudian, tidak ada jumlah minimum. Jika bertiga atau berempat dianggap sudah cukup, maka anda bisa berangkat dengan kapal ferry dari Muara Angke, Jakarta.
  • Namun, ada juga kelemahannya. Di antaranya adalah kurang praktis, karena anda harus menangani sendiri urusan konsumsi dan akomodasi. Jika belum mengenali seluk-beluk wilayah Pulau Harapan, liburan ala backpacker bisa saja merepotkan anda.

Jadi, liburan ala backpacker tidak dianjurkan jika anda berencana membawa keluarga, terutama anak-anak. Namun, ini bisa menjadi pengalaman menyenangkan untuk anda yang berlibur dengan teman-teman.

Paket Wisata Pulau Harapan

Berangkat ke Pulau Harapan bersama agen wisata Pulau Harapan tentunya lebih praktis, meski anda harus mengalokasikan anggaran sedikit lebih besar. Paket wisata yang anda ambil bisa diatur untuk memuat semua biaya, mulai dari transportasi, konsumsi, akomodasi, hingga penyewaan alat dan biaya masuk wahana. Meski terdengar mahal, anda tidak akan direpotkan oleh urusan pembayaran lainnya selama berwisata.

Sementara itu, jika berlibur ala backpacker, anda masih harus mengeluarkan biaya transportasi, sewa peralatan di lokasi, sewa kapal, sewa sepeda, hingga biaya masuk wahana. Jika ditotal, bisa saja biaya yang dikeluarkan tidak jauh beda dengan biaya paket wisata Pulau Harapan.

Dengan paket wisata, anda juga bisa menikmati fasilitas lain, seperti sewa gratis kamera bawah air, instruktur yang siap memandu saat snorkeling bagi pemula, maupun guide berpengalaman yang dapat memberikan informasi lengkap tentang setiap objek wisata yang dikunjungi, serta mempermudah segala urusan anda selama perjalanan. Di malam terakhir sebelum kembali ke Kota Jakarta, penyedia biasanya menyediakan paket barbeque dan  api unggun sebagai bentuk acara perpisahan.

Paket Wisata Pulau Harapan memberi anda fleksibilitas untuk menentukan jadwal kunjungan, objek wisata yang akan dikunjungi, serta acara yang akan dilaksanakan selama di lokasi. Misalnya, jika anda ingin memadukan acara kantor dengan acara family gathering, maka acara bisa diatur sedemikian rupa. Misalnya, acara hiburan dan snorkeling dilaksanakan setelah meeting selesai. Tentunya, anda tidak bisa melakukan hal-hal seperti ini sendiri tanpa bantuan agen perjalanan wisata.

Pulau Harapan merupakan alternatif destinasi wisata yang cocok untuk keluarga maupun kelompok. Ada begitu banyak pilihan aktivitas, mulai dari aktivitas liburan bertema keluarga hingga bertema petualangan bawah laut. Jadi, ayo rencanakan liburan anda, liburan bertema alam kepulauan yang asri dan indah di Kepulauan Seribu.

PAKET PULAU HARAPAN KEP SERIBU

PAKET 2 HARI 1 MALAM PULAU HARAPAN

PAKET 3 HARI 2 MALAM PULAU HARAPAN