Paket Wisata Pulau Bidadari

Pulau Bidadari Tahukah anda bahwa saat ini trend liburan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah mengunjungi tempat wisata yang jauh dari kerumunan dan menawarkan nuansa yang alami, udara yang bersih, serta serta menawarkan privasi lebih bagi pengunjungnya. Alhasil, objek bertema kepulauan seperti Kepulauan Seribu di wilayah Provinsi DKI Jakarta menjadi idola baru di kalangan wisatawan.

Untuk waktu yang terbatas

Untuk anggaran yang terbatas

Untuk kebersamaan yang diidamkan

Pulau Bidadari adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu yang dapat memenuhi keinginan anda dan keluarga tercinta tanpa harus jauh-jauh meninggalkan Kota Jakarta. Pulau kecil ini berdekatan dengan empat pulau lainnya yang bisa dikunjungi dalam satu paket Tour Pulau Bidadari, yakni Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, Pulau Ayer, dan Pulau Onrust. Semua gugusan pulau ini masih berada di wilayah Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Dengan kata lain, gugusan pulau-pulau ini posisinya paling dekat dengan Kota Jakarta.

Pulau Bidadari, Pulau Cantik yang Menyimpan Sejarah

Karena lokasinya paling dekat dengan Kota Jakarta, Pulau Bidadari dan beberapa pulau kecil di sekitarnya memiliki sejarah pengelolaan yang paling panjang, bahkan sejak perjuangan kemerdekaan negeri ini. Sisa-sisa perjuangan heroik tersebut masih tersisa di pulau-pulau ini, dan bahkan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Selain menyegarkan tubuh dan fikiran, wisatawan juga bisa mempelajari sisi lain dari perjuangan kemerdekaan negeri ini.

Dalam sejarahnya, Pulau Bidadari awalna bernama Pulau Pumered alias Pulau Sakit. Di zaman penjajahan, Kolonial Belanda membangun sebuah rumah sakit sekaligus tempat isolasi bagi para penderita kusta atau lepra di Pulau Bidadari. Namun, pulau ini terlantar alias tidak lagi digunakan setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak saat itu, nama Pulau Sakit seperti tenggelam, hingga akhirnya muncul kembali di Tahun 1970an, dengan nama baru, dan konsep baru.

Nama Pulau Sakit yang terkesan miris muncul dengan nama baru dengan kesan yang sangat jauh berbeda, yakni Pulau Bidadari. Pulau ini kini telah berubah menjadi pulau resort yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung aktivitas wisata, baik wisata alam maupun wisata sejarah. Pengunjung masih bisa melihat sisa-sisa sejarah masa lalu di pulau ini, namun sudah dalam keadaan tidak utuh. Sisa-sisa peninggalan sejarah tersebut saat ini menjadi objek fotografi yang Instagrammable.

Sisa peninggalan VOC yang saat ini masih bisa ditemukan di Pulau Bidadari adalah reruntuhan menara dan meriam, menjadi spot fotografi berlatar belakang pemandangan alam lautan yang sangat indah dan eksotis. Begitu tiba di pulau ini, anda tidak akan heran mengapa pulau ini dinamai Pulau Bidadari.

lestoran pulau bidadari

Transportasi dan Biaya Masuk Pulau Bidadari

Seperti dibahas di atas, Pulau Bidadari termasuk paling dekat dengan Kota jakarta. Pulau ini berjarak sekitar 50 km dari Ibukota Jakarta.  Anda bisa naik speed boat dari dermaga Marina Ancol dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit saja. Jadi, anda tidak kelelahan selama dalam perjalanan, bukan? Namun jika ingin menghemat biaya, anda bisa naik kapal ferri, dengan waktu tempuh sedikit lebih lama tentunya.

Tiket masuk ke Pulau Bidadari sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp. 50 ribu saja. Biasanya, tiket sudah masuk dalam harga paket wisata Pulau Bidadari jika anda berkunjung menggunakan jasa agen perjalanan wisata. Namun, jika anda berkunjung sebagai backpacker atau wisatawan mandiri, maka anda harus membayar sendiri tiket masuk kepada pengelola.

Aktivitas Wisata Favorit di Pulau Bidadari dan Pulau Sekitar

Pulau Bidadari menawarkan sejuta keindahan yang tidak tiada habisnya untuk dieksplorasi. Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di sini, antara lain:

Jika anda gemar upload foto-foto cantik di Instagram, maka Pulau Bidadari benar-benar cocok untuk anda. Berburu foto cantik dan unik menjadi aktivitas yang wajib dilakukan para wisatawan di sini. Anda bisa mengabadikan setiap objek menarik, mulai dari pemandangan alamnya hingga benda-benda bersejarah yang masih bisa dilihat dan dikunjungi secara langsung.

Objek foto lainnya yang tidak kalah cantiknya adalah Pantai Tiga Warna yang berlokasi di bagian timur pulau. Bahkan, deretan pepohonan di sekitar ini lebih dari cukup untuk menjadi backdrop fotografi yang Instagrammable.

Anda yang memiliki hobby memancing tidak akan kehilangan ide untuk memasang joran di sekitar Pulau Bidadari.  Di antaranya adalah lokasi di sekitar dermaga. Atau, anda bersama teman bisa menyewa kapal kayu tradisional untuk mencari spot yang indah di sekitar Pulau Kahyangan atau Pulau Onrust.

Aktivitas lain yang tidak kalah menariknya di Pulau Bidadari adalah olah raga air, yakni banana boat, donut boat, fly boat, jet ski, dan sebagainya. Namun, anda tidak bisa melakukan snorkeling dan diving di sekitar pulau. Karena lokasinya yang dekat dengan ibukota, dikhawatirkan kalau air yang terkontaminasi dapat mempengaruhi kesehatan pengunjung.

Ini adalah peninggalan yang mewakili nilai historis Pulau Sakit di masa lalu. Puing-puing Benteng Martello menjadi peninggalan sejarah, yang kerap dijadikan sebagai background fotografi oleh pengunjung. Anda tidak akan menemukan benteng yang berbentuk utuh di sini. Hanya puing-puing. Namun, tidak lengkap wisata anda ke Pulau Bidadari sebelum melihat Benteng Martello dari dekat.

Jika anda menginap di Pulau Bidadari, maka pemandangan indah di kala sunset dan sunrise merupakan momen yang sangat sayang jika dilewatkan. Pemandangan eksotis di saat-saat menjelang terbenamnya sang surya di ufuk barat merupakan momen yang istimewa. Demikian juga ketika di pagi hari, ketika sang surya mengintip malu-malu di ufuk timur.

Seperti disebut di atas, Pulau Bidadari berdekatan dengan beberapa pulau kecil lainnya yang tidak berpenghuni. Anda bisa berkunjung ke pulau-pulau ini menggunakan kapal kayu tradisional dalam agenda island hopping. Karena agenda jelajah pulau anda tidak termasuk snorkeling dan diving, maka aktivitas island hopping bisa anda lakukan di sore hari, menjelang senja. Bayangkan betapa indahnya pemandangan alam di sore hari, ketika anda berkunjung dari satu pulau ke pulau lain!

Di Pulau Bidadari, terdapat sebuah mitos yang kerap membuat pengunjung penasaran. Di sini, terdapat sebatang pohpon kapuk tua yang konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.  Mitosnya adalah bahwa pasangan yang berfoto di bawah pohon ini, maka hubungannya akan awet. Namanya juga mitos, tentu tidak sepenuhnya bisa dipercaya. Namun, tidak ada salahnya juga kan jika anda berfoto di bawah pohon tua yang legendaris ini?

Fasilitas Pendukung Aktivitas Wisata di Pulau Bidadari

Fasilitas Akomodasi

Anda yang tinggal di Jakarta tentunya tidak akan kesulitan untuk berkunjung ke Pulau Bidadari hanya dalam 1 hari perjalanan PP. Namun, bukan berarti anda tidak bisa mengambil paket menginap, bukan? Akomodasi yang ada di Pulau Bidadari sangat representatif untuk anda tidur nyenyak semalaman. Pengelola pulau secara terus-menerus meningkatkan kualitas penginapan demi kenyamanan pengunjung.

Seperti di Pulau Ayer, Pulau Bidadari juga menawarkan konsep cottage terapung alias floating cottage. Menginap di atas laut pastinya menjadi pengalaman unik yang tidak akan ditemukan di objek-objek wisata di dalam Kota Jakarta. Jangan khawatir dengan keamanan, karena cottage ini didesain dan dibangun secara aman sehingga anda tidak perlu meragukannya.

Pengelola pulau menyediakan beberapa kategori cottage yang bisa dipilih sesuai dengan jumlah peserta dalam rombongan serta budget yang anda miliki. Namun jangan khawatir dengan fasilitasnya. Setiap cottage dilengkapi fasilitas yang komplit, yakni kasur yang empuk, AC, shower di dalam cottage, TV, air mineral, dan teras privat, di mana anda bisa menikmati pemandangan alam laut yang eksotis di sore hari.

Fasilitas Pendukung Event Mini

Mungkin, anda berencana menyelenggarakan event skala kecil di Pulau Bidadari? Misalnya adalah konser mini, family gathering, atau outbound. Di Pulau Bidadari, ada beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan, seperti:

  • Lapangan terbuka, cukup luas untuk acara-acara bertema outdoor, seperti games, perayaan ulang tahun, hiburan terbatas, dan sebagainya.
  • Fasilitas permainan perorangan atau kelompok, seperti balap karung, bilyard, atau tennis meja. Anda bisa merancang program atau permainan untuk meningkatkan kekompakan antara sesama anggota dalam rombongan.

Fasilitas Pendukung Lainnya

Di Pulau Bidadari terdapat sejumlah fasilitas untuk memudahkan pengunjung. Di antaranya adalah:

  • Fasilitas ibadah berupa musholla
  • Toko souvenir, di mana anda bisa mendapatkan cinderamata untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Kepulauan Seribu. Di sini, anda bisa membeli oleh-oleh seperti sandal dan kaos.
  • Anda juga bisa menikmati makanan bertema seafood di restoran yang terdapat di pulau. Jadi, jangan khawatir, sekalipun anda berkunjung ke Pulau Bidadari sebagai backpacker, anda tidak akan kesulitan mendapatkan makanan dan minuman di sini.
  • Toilet atau fasilitas MCK;
  • Tempat penyewaan perahu kayu tradisional untuk anda yang ingin melakukan island hopping atau memancing;
  • Tempat penyewaan sepeda;
  • Gazebo di pinggir pantai;
  • Mini bar;
  • Kolam renang anak

Paket Wisata Pulau Bidadari

Jika tujuan utama liburan anda bukanlah snorkeling atau diving, maka Pulau Bidadari dapat menjadi destinasi liburan anda berikutnya. Ada banyak tema wisata yang bisa anda agendakan di pulau kecil ini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan sebagainya. Anda dan keluarga tercinta dapat menikmati kebersamaan dengan berolah raga air, melakukan island hopping, bersantai atau bermain olah raga di tepi pantai, bersepeda bersama, atau sekedar jalan-jalan mengitari pulau.

Jika ingin menginap, maka cara terbaik untuk datang adalah bersama agen perjalanan wisata Pulau Bidadari. Anda bisa mengatur agenda kunjungan, objek yang ingin dilihat, aktivitas yang ingin dilakukan, serta kenyamanan akomodasi yang diharapkan. Dengan agen perjalanan wisata, seorang guide berpengalaman siap mendampingi dan memberikan informasi rinci tentang setiap objek yang dikunjungi. Jadi, anda hanya menikmati indahnya alam Pulau Bidadari secara visualnya saja, namun juga mengetahui latar belakang sejarahnya.

Paket wisata Pulau Bidadari tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari One-Day Tour hingga Tour 2 Malam atau lebih, sesuai dengan waktu liburan serta banyaknya aktivitas yang ingin dilakukan.

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya