Paket Wisata Pulau Ayer

pulau ayerPernahkah anda merasakan sensasi sermalam di cottage terapung  dan menikmati seafood di restoran terapung? Jika belum, maka ini bisa menjadi agenda liburan anda berikutnya. Tidak perlu jauh-jauh meninggalkan Kota Jakarta untuk mencoba bagaimana rasanya menginap di cottage yang terapung di laut. Pulau Ayer bisa menjawab rasa penasaran anda. Pulau mungil dengan luas sekitar 10 hektar ini menawarkan pengalaman liburan berkelas, namun dengan harga terjangkau. Bukan hotel bintang 5 atau destinasi wisata yang sesak oleh pengunjung, melainkan wisata kepulauan dengan konsep yang benar-benar dekat dengan alam.

Selangkah Lebih Dekat Mengenal Pulau Ayer

Pulau mungil nan cantik ini terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, tepatnya berdekatan dengan Pulau Untung Jawa. Pulau Ayer termasuk kategori pulau resort, karena pulau ini dikelola pribadi dan seluruh aktivitas wisata dilakukan atas izin pengelola melalui staf yang ada di Pulau. Tidak ada penduduk yang bermukim di sini. Jadi, akomodasi, konsumsi, maupun transportasi serta sewa peralatan wisata hanya bisa dilakukan melalui kerjasama dengan pengelola pulau. Dengan kata lain, wisata ala backpacker tidak disarankan ke Pulau Ayer.

Untuk menuju Pulau Ayer, pada dasarnya sama dengan akses ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Dari Marina Ancol, anda bisa naik speedboat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Pulau Ayer cukup dekat dengan Kota Jakarta, yakni sekitar 15 kilometer saja. Bisa dikatakan jika pulau ini adalah salah satu pulau terdekat dari Kota Jakarta. Itulah sebabnya, pulau ini dikelola dengan konsep yang berbeda.  Di atas perairan sekitar pantai, berdiri sederet cottage terapung yang saling terhubung dengan jembatan bambu.

Keberadaan cottage ini menjadikan perairan sekitar pantai tidak digunakan untuk aktivitas snorkeling atau diving. Alasannya? Sebagai pulau terdekat dari Kota Jakarta, dikhawatirkan kalau air di sekitar pulau tidak begitu aman untuk snorkeling atau diving. Polusi kiriman dari Kota Jakarta bisa saja mempengaruhi kesehatan para pengunjung jika menyelam di air yang tercemar.

Untuk memasuki Pulau Ayer, anda disarankan menggunakan jasa agen wisata Pulau Ayer.  Para pengelola perjalanan wisata ini umumnya memiliki akses khusus dan komunikasi dengan pengelola pulau. Artinya, anda tidak perlu mengurusi izin masuk pulau, akomodasi, konsumsi, sewa alat, dan sebagainya. Seluruh biaya yang dibutuhkan biasanya sudah diakumulasi dalam harga Paket Wisata Pulau Ayer.

Untuk melakukan berbagai kegiatan wisata, para wisatawan dimudahkan dengan sejumlah fasilitas mewah di Pulau Ayer. Di antaranya:

  • Area parkir kendaraan;
  • Fasilitas watersports, seperti jet ski, kolam renang, canoe., surf bike, banana boat, dan sebagainya;
  • Mushola dan kamar mandi/ MCK
  • Area bermain anak
  • Jogging track
  • Area BBQ
  • Toko souvenir atau oleh-oleh;
  • Fasilitas olah raga, seperti volley, basket, dan sebagainya
  • Sejumlah fasilitas lainnya seperti area outbound beserta kelengkapannya, termasuk Arcade Zone.
  • Sumber air tawar. Ini adalah kelebihan yang tidak dimiliki pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Pulau Ayeh memiliki sumber air tawar yang sangat bersih dan bebas kontaminasi air asin. Letaknya berada di tengah-tengah pulau.

Floating Cottage, Daya Tarik Utama Pulau Ayer

Seperti dibahas di atas, daya tarik utama Pulau Ayer adalah Floating Cottage atau cottage terapung. Konsep ini tentunya bukan hal baru dalam dunia pariwisata Indonesia. Banyaknya pulau-pulau kecil di seluruh nusantara menjadikan floating cottage sebagai penambah daya tarik terhadap destinasi yang ada. Namun di Pulau Ayer, anda akan menemukan floating cottage dengan tema yang berbeda, yakni tema budaya khas Papua Barat yang terasa begitu kental.

Cottage terapung tersebut menawarkan fasilitas eksklusif setara hotem berbintang 4, namun nuansa etnik Indonesia terasa kental di dalamnya. Inilah pesona utama yang ditawarkan Pulau Ayer. Lagi pula, lokasinya yang dekat dari Kota Jakarta membuat wisatawan lebih mudah berkunjung, dengan biaya yang lebih murah pula. Tidak perlu perencanaan bertahun-tahun untuk merasakan suasana menginap di atas laut. Waktu weekend sekalipun cukup untuk anda berwisata ke Pulau Ayer.

Floating cottage di Pulau Ayer berjumlah puluhan unit, dengan fasilitas dan harga yang berbeda-beda tentunya.  Dilaporkan, terdapat 14 cottage standard di Pulau Ayer. Jika menginkan fasilitas lebih mewah, terdapat 12 cottage untuk Family, 9 cottage VIP bagi anda yang menginginkan fasilitas eksklusif, 4 bungalow, dan 8 cottage sekelas Hotel Bintang 4. Sekali lagi, nuansa etnik Papua mewarnai hampir semua bangunan di pulau ini. Bahkan, area Front Office juga didesain dengan konsep Papua. Nama-nama cottage juga diambil dari nama-nama Papua, seperti Serui, Ayamaru, Fakfak, dan sebagainya.

Jangan khawatir dengan masalah kenyamanan. Di setiap cottage, tersedia fasilitas mewah layaknya hotel berbintang, seperti televisi, AC, kamar mandi dilengkapi shower air dingin dan air hangat, lemari es, mini bar, dan sebagainya. Tidak kalah dengan fasilitas hotel, bukan? Setiap cottage juga dilengkapi balkon di bagian belakang, di mana penghuni bisa bersantai, mengambil foto-foto cantik, maupun memancing.

Aktivitas Wisata Terbaik di Pulau Ayer

Sesuai dengan tema yang diusungnya, maka daya tarik utama Pulau Ayer adalah floating cottage. Namun tentunya, anda tidak datang hanya untuk menginap, bukan? Ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa anda lakukan saat berada di pulau ini:

Karena ukuran pulau yang kecil, anda tidak akan kesulitan untuk mengelilingi pulau ini. Selain berjalan-jalan menyusuri pantai, anda juga bisa jogging, atau bersepeda santai mengitari pulau. Selain menyegarkan mata anda dengan pemandangan yang asri dan alami, anda tetap bisa menjaga kesehatan dengan berolah raga.

Satu lagi pesona Pulau Ayer adalah floating restaurant atau restoran terapung, di mana anda bisa menikmati santapan khas Pulau Seribu yang didominasi seafood. Entah itu pagi hari, siang, atau malam hari, restoran terapung ini selalu menghadirkan suasana yang menyenangkan, karena pengunjung bisa menikmati pemandangan laut bebas di kala siang, sunset yang eksotis di sore hari, atau nuansa malam yang dihiasi bintang dan lampu-lampu warna-warni

Ternyata, Pulau Ayer juga dipersiapkan sebagai area outing atau outbound, maupun family gathering. Jadi, anda dan rombongan bisa merancang liburan bertema di Pulau Ayer. Tidak terkecuali liburan keluarga, karena ada area bermain anak. Nuansa budaya Papua terasa semakin kental jika anda datang ke taman bermain yang ada di Pulau Ayer. Di sini, ada ukiran patung yang melambangkan budaya Suku Asmat

Anda disarankan untuk mencoba bagaimana rasanya memancing di laut pada malam hari. Desain cottage terapung yang saling terhubung dengan jembatan kayu ternyata membawa pesona tersendiri. Para penghuni cottage bisa keluar dan memancing di jembatan kayu penghubung resort. Sambil memancing, pemandangan malam yang temaram disertai deru ombak lautan akan tersaji di hadapan anda. Tempat lain untuk memancing adalah dermaga Pulau Ayer.

Aktivitas ini biasanya masuk dalam paket wisata Pulau Ayer. Anda bisa mencoba wahana air seperti banana boat, surf bike, atau jetski, bisa perorangan atau kelompok. Aktivitas olah raga lainnya adalah volley pantai dan main basket.

Meski tidak diperkenankan untuk berenang di pantai, anda bisa berenang di kolam renang yang disediakan pengelola pulau. Kolam renang air tawar ini dikelola dengan baik, sehingga anda dan keluarga tetap bisa berenang dengan nyaman

Aktivitas ini masih bisa anda lakukan. Pulau Ayer berdekatan dengan Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust. Tempat-tempat ini menawarkan pesona yang beragam pula. Namun jika ingin snorkeling, pastikan anda mengkonsultasikannya dengan agen wisata.

Tips Aman dan Nyaman Berwisata di Pulau Ayer

Seperti dibahas di atas, sebaiknya anda berkunjung ke Pulau Ayer atas panduan agen wisata yang terpercaya.  Jika berkunjung ala backpacker, anda akan menemui banyak kendala, termasuk pengurusan izin masuk, akomodasi, dan konsumsi. Anda memang bisa mengambil paket wisata One Day Tour ke Pulau Ayer, dengan biaya yang lebih terjangkau. Namun, daya tarik pulau ini adalah floating cottage. Jika mengambil One Day Tour, maka pengalaman menginap di cottage terapung hanyalah sebatas angan-angan, karena anda tidak tahu rasa yang sebenarnya.

Demi kenyamanan anda saat berlibur, berikut adalah beberapa tips aman dan nyaman saat berkunjung ke Pulau Ayer:

  • Bawa bekal yang cukup, terutama makanan kecil dan minuman. Di pulau ini, tidak ada penduduk yang menjual makanan dan minuman, selain pengelola pulau. Jadi, sebaiknya bawa bekal tambahan.
  • Bawa kamera ekstra. Anda pastinya ingin mengabadikan spot-spot cantik atau momen bahagia bersama keluarga, bukan? Jangan biarkan kamera ponsel yang low membatasi ruang gerak anda. Sebaiknya siapkan baterai cadangan atau bahkan kamera cadangan saat berlibur di Pulau Ayer.
  • Bawa uang secukupnya. Layaknya pulau tanpa penduduk lainnya, Pulau Ayer tidak dilengkapi fasiitas ATM. Jadi, pastikan membawa uang cadangan, andai kata ada biaya pribadi yang harus anda keluarkan saat berada di pulau.
  • Bawa perlengkapan kesehatan, seperti tissue basah, sabun mandi, dan obat-obatan yang biasa anda konsumsi. Ini perlu karena berlibur ke wilayah kepulauan tidak sama dengan berlibur di kota besar. Cuaca yang berbeda bisa saja mengganggu kesehatan anda.
  • Konsultasikan dengan agen wisata Pulau Ayer kapan waktu terbaik untuk berwisata ke pulau ini. Faktor cuaca perlu diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan dan selama berada di pulau.
  • Selain snorkeling dan diving, aktivitas lain yang tidak disarankan di Pulau Ayer adalah bermain di pantai, terutama dengan kaki telanjang. Pasir pantai di pulau ini dikabarkan tidak selembut pasir pantai di pulau lainnya. Jadi, kalaupun akan bermain di pantai, pastikan anda memakai alas kaki yang memadai.

Jika target anda bukan snorkeling atau diving, atau jika waktu anda terbatas dan tidak ingin jauh-jauh dari Kota Jakarta, maka Pulau Ayer adalah salah satu destinasi yang disarankan. Fasilitasnya eksklusif, jaraknya yang dekat dari Kota Jakarta, nuansa pulau elok, dan akomodasinya unik dan bertema khas. Kombinasi dari semua ini menjadikan Pulau Ayer sebagai salah satu pulau yang paling ramai dikunjungi.

Paket Wisata Pulau Ayer Kep seribu

harga paket pulau ayer

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya