Paket Wisata Pulau Payung

Liburan di pulau kecil menghadirkan nuansa privat, seolah-olah andalah ‘pemilik’ pulau tersebut. Pastinya asyik, bukan? Cobalah nuansanya di Pulau Payung, sebuah pulau kecil yang lokasinya berada di antara dua pulau berpenduduk dan cukup terkenal di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Pari dan Pulau Tidung. Diapit oleh dua pulau berpenduduk dan memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap ternyata membawa berkah tersendiri bagi Pulau Payung. Pulau ini ikut berkembang. Meskipun namanya tidak setenar pulau berpenduduk, namun sebenarnya, pulau ini hampir selalu masuk dalam agenda island hopping alias jelajah pulau pada Paket Wisata Pulau Tidung atau Paket Wisata Pulau Pari.

Mengenal Lebih Dekat Pulau Payung, Kepulauan Seribu

pulau payungTernyata, Pulau Payung juga terbagi menjadi dua, yakni Pulau Payung Besar dan Pulau Payung Kecil. Hanya Pulau Payung besar yang berpenduduk.  Luas pulau ini hanya sekitar 20 hektar, da sepertiganya diperuntukkan untuk pemukiman penduduk. Sementara itu, Pulau Payung Kecil hanya untuk aktivitas wisata. Meski fasilitasnya tidak selengkap Pulau Tidung atau Pulau Pari, pulau kecil ini tetap menyediakan fasilitas akomodasi yang cukup layak bagi anda yang ingin menikmati suasana malam tanpa hiruk-pikuk pengunjung lain.

Secara administratif, Pulau Payung masih masuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Tidung. Oleh sebab itu, akses menuju pulau ini juga sama dengan akses menuju Pulau Tidung. Anda bisa naik kapal ferry dengan jarak tempuh sekitar 2.5 jam hingga 4 jam dari Muara Angke. Ongkos kapal menuju Pulau Payung sangat terjangkau. Jika anda ingin perjalanan lebih singkat dan menghabiskan lebih banyak waktu di pulau, maka cobalah menaiki speed boat, namun tentunya dengan ongkos yang lebih mahal.

Suasananya yang tenang dan deburan ombak diterpa angin pantai menghadirkan nuansa yang khas dan menenangkan. Inilah yang kerap dicari para wisatawan yang ingin melepaskan diri sejenak dari hirup-pikuk ibukota. Di pagi dan siang hari, hampran pasir putih yang lembut dan jernih ikut menyejukkan pemandangan anda. Belum lagi rimbunan pohon yang berjejer di sepanjang pantai. Suasana yang terasa semakin sejuk dan nyaman.

Apa Yang Wajib Dilakukan di Pulau Payung?

Selain nuansa pulau yang tenang dan nyaman, Pulau Payung menghadirkan panorama bawah laut yang sangat istimewa. Dari permukaan, anda akan melihat gradasi warna biru yang menambah indah pemandangan. Begitu masuk ke bawah permukaan laut untuk snorkeling, anda akan disambut oleh keelokan batu karang yang masih terawat serta ikan-ikan kecil yang bermain bebas kian ke mari. Laut di sekitar pulau mungil ini memang cukup dangkal, sehingga aman untuk snorkeling termasuk bagi pemula. Tidak heran, jika aktivitas island hopping dari Pulau Tidung atau Pulau Pari juga termasuk ke Pulau Payung, karena memang panorama bawah lautnya yang membuat para snorkeler ketagihan.

Satu lagi agenda yang harus masuk dalam daftar aktivitas anda saat di Pulau Payung adalah menikmati eksotisme pemandangan alam kala sore hari. Mata anda akan ‘terhipnotis’ oleh indahnya pemandangan langit di ufuk barat yang berwarna orange eksotis. Di Pulau Payung, anda bisa menikmati suasana sunset yang privat dan tenang, karena anda tidak bergabung dengan banyak pengunjung. Anda bisa buktikan sendiri bahwa pulau mungil ini adalah tempat yang ideal untuk menenangkan diri dan melepaskan penat fikiran setelah beraktivitas di Ibukota.

Jika anda ingin menikmati pesona alam Kepulauan Seribu secara lebih dekat dan nyata, cobalah melakukan camping di Pulau Payung bersama teman-teman satu kelompok. Banyak wisatawan yang sengaja memilih camping di Pulau Payung dan memasang kemah dekat dengan bibir pantai. Ombak yang tidak begitu besar dan pantai yang landainya membuatnya cocok sebagai area camping. Bayangkan betapa asyiknya berkemah bersama teman-teman dan diikuti dengan acara bakar ikan pada malam harinya. Jangan khawatir dengan kelengkapan peralatannya, warga sekitar akan dengan senang hati membantu anda.

Meski Pulau Payung adalah objek island hopping dari paket wisata Pulau Tidung atau Pulau Paru, anda juga bisa melakukan hal sebaliknya saat berlibur di Pulau Payung. Penduduk di pulau kecil ini juga menyediakan fasilitas penyewaan perahu bagi wisatawan yang ingin melihat-lihat keindahan pulau sekitar, termasuk pulau berpenduduk seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari. Selain 2 pulau berpenduduk ini, pulau-pulau yang paling sering masuk dalam paket Island Hopping Pulau Payung adalah Pulau Air, Pulau Gusung Petrik, dan Pulau Semak Daun.

Paket Wisata Pulau Payung

Tertarik untuk menikmati pesona Pulau Payung? Ada beberapa opsi bagi anda yang ingin berwisata di Pulau Payung, Kepulauan Seribu, antara lain:

Opsi pertama adalah mengambil paket wisata khusus ke Pulau Payung. Ini adalah pilihan yang cocok untuk anda yang ingin berlama-lama di Pulau Payung dan menikmati suasana yang tenang dan nyaman lebih lama. Di pulau ini, terdapat fasilitas akomodasi berupa homestay yang cukup nyaman. Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan seperti makan, minum, dan persewaan alat untuk menunjang aktivitas pariwisata.

Besarnya biaya yang anda bayarkan tergantung lamanya paket dan banyak objek wisata yang dikunjungi. Layaknya paket wisata Pulau Seribu lainnya, paket wisata Pulau Payung menyediakan sejumlah fasilitas dan kemudahan bagi pengunjung, seperti:

  • Tiket boat PP, jadi anda tidak lagi disibukkan urusan urusan transportasi, karena agen perjalanan wisata Pulau Payung akan mengurusinya untuk anda.
  • Welcome drink
  • Peralatan snorkeling dan watersports seperti banana boat atau sofa boat
  • Akomodasi berupa homestay
  • Sewa sepeda
  • Makan 3x sehari, jika menginap;
  • Guide berpengalaman
  • Boat kayu untuk snorkeling
  • Kamera underwater

Jika ingin lebih eksklusif, anda bisa memesan paket wisata custom, yakni paket wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Artinya, jumlah objek yang dikunjungi, rute perjalanan, jumlah titik snorkeling, dan agenda lainnya bisa dirancang bersama agen perjalanan wisata Pulau Payung. Tentunya, hal ini bisa dilakukan jika jumlah peserta dalam kelompok anda memenuhi kuota minimal. Jika jumlah objek yang dikunjungi cukup banyak, harga paket memang akan lebih mahal, namun hal itu tentunya setara dengan kesenangan yang anda nikmati bersama rombongan.

Anda dan rombongan juga bisa memilih wisata ala backpacker atau berkemah di tepi pantai. Anda tidak perlu bersusah-susah membawa tenda camping dari Jakarta, karena ada fasilitas penyewaan tenda di pulau ini. Kalaupun tidak mendapat kuota, anda bisa menyewa dari Pulau Tidung atau Pulau Pari. Bermalam di Pulau Payung membawa sensasi tersendiri bagi anda yang datang bersama rombongan.

Anda bersama teman-teman bisa beraktivitas, berkemah, bakar ikan, atau main gitar bersama tanpa merasa terganggu oleh pengunjung lain. Apapun pilihan yang anda ambil, sistem paket atau ala backpacker, wisata Pulau Payung adalah liburan murah yang tidak akan menguras isi tabungan anda. Tentunya, anda juga harus mengetahui keterbatasannya, seperti fasilitas akomodasi yang tidak senyaman dan selengkap di Pulau Tidung atau Pulau Pari. Misalnya, anda disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri, pakaian ganti yang memadai, dan uang tunai secukupnya.

Hal Unik Yang perlu Diketahui tentang Pulau Payung

Sekilas, Pulau Payung tampaknya tidak jauh beda dengan pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Namun, tahukah anda bahwa ada beberapa hal uni tentang Pulau Payung, yang mungkin menambah daya tariknya sebagai destinasi potensial, antara lain:

  • Titik Snorkeling. Berada di pulau ini, anda tidak harus kemana-mana untuk mendapatkan titik snorkeling yang istimewa karena sebenarnya Pulau Payung adalah salah satu titik snorkeling terbaik di Kepulauan Seribu.
  • Pusat Penyewaan Kapal. Tahukah anda bahwa hampir semua keluarga di Pulau Payung memiliki kapal? Artinya, anda tidak akan pernah kehabisan pilihan untuk menyewa kapal tradisional nelayan, baik untuk keperluan island hopping atau sekedar memancing. Bahkan, para wisatawan dari Pulau Pari atau Pulau Tidung yang akan menyeberang sebaliknya mengandalkan kapal-kapal nelayan dari Pulau Payung.
  • Area camping yang sempurna. Sudah dibahas di atas bahwa Pulau Payung cocok untuk acara wisata berkelompok, dan anda bisa mengadakan acara outbound atau gathering dengan sitem camping. Penduduk setempat juga akan membantu anda jika ingin mengadakan pesta BBQ pada malam hari.
  • Spot sunset dan sunrise. Jika ingin menemukan pemandangan fajar dan senja yang menakjubkan, datanglah ke Pulau Payung, dan anda akan terpikat oleh pesonanya. Jika ingin melihat dua nuansa yang berbeda ini, maka disarankan untuk mengambil paket wisata menginap di Pulau Payung.

Wisata Pulau Payung, Untuk Siapa?

Sebenarnya, tidak ada batasan siapa yang dianjurkan berwisata ke Pulau Payung. Pulau ini sangat aman dan nyaman, karena suasananya yang nyaman dan tenang. Bahkan, pulau ini bisa menjadi pilihan untuk pasangan baru yang ingin berbulan madu. Suasananya yang tenang dan privat cocok untuk pasangan yang baru menikah untuk mengenal secara lebih dekat satu sama lain. Lagipula, berada di pulau ini membuat anda merasa seperti berada di pulau milik sendiri. Asyik, bukan?

Selain itu, pulau ini sangat ideal untuk para snorkeler dan backpaker. Fasilitasnya cukup memadai dan areanya cocok untuk anda yang gemar melakukan aktivitas berkelompok di luar ruangan. Jika anda punya hobby camping, jelajah pulau dan snorkeling, sayang rasanya jika belum melihat sendiri keindahan Pulau Payung.  Wilayah daratan dan alam bawah lautnya menawarkan pesona tersendiri.

Bagaimana dengan wisata keluarga? Sebenarnya juga cukup baik. Namun, anda keluarga bisa ikut dalam paket wisata Pulau Payung yang dikelola agen perjalanan wisata. Dengan wisata paket, anda bisa mendapatkan fasilitas akomodasi yang baik, misalnya, dilengkapi TV, pendingin ruangan/kipas angin, kamar mandi, dan sebagainya. Jadi, putra-putri anda tetap merasa nyaman selama berwisata.

Meski mungil, Pulau Payung dapat menghadirkan pengalaman wisata kepulauan yang tidak terlupakan bagi anda dan orang-orang terkasih. Anda bisa bersenang-senang dan menyegarkan kembali body dan mental tanpa harus mengeluarkan anggaran yang terlalu besar. Pulau Payung memang tidak menawarkan fasilitas hotel bintang 5, namun pulau ini akan membuat anda ketagihan untuk datang kembali ke Pulau Seribu pada liburan berikutnya.

PAKET TOUR PULAU PAYUNG KEP SERIBU

PAKET ONE DAY PULAU PAYUNG

PAKET 2 HARI 1 MALAM PULAU PAYUNG

PAKET 3 HARI 2 MALAM PULAU PAYUNG

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya