Paket Wisata Pulau Kelapa

Nama Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu mungkin tidak sepopuler Pulau Tidung atau Pulau Harapan. Namun, siapa sangka jika pula ini juga berpenduduk dan menawarkan sejuta pesona yang tidak kalah dibanding pulau lainnya? Meski penduduknya tidak sepadat penduduk Pulau Pramuka atau Pulau Harapan, anda akan disambut dengan kehangatan yang khas dari penduduk Pulau Kelapa. Tahukah anda bahwa sebagian besar penduduk Pulau Kelapa merupakan etnis Bugis yang sebelumnya bertransmigrasi dari Pulau Sulawesi? Saat berada di Pulau Kelapa, anda akan merasakan nuansa khas masyarakat Bugis.

Seperti namanya, Pulau kelapa memang ditumbuhi banyak pohon kelapa, sehingga nuansa khas pantai dengan jejeran pohon kelapa terasa kental di sini.  Pulau seluas sekitar 13 hektar ini juga menawarkan keindahan alam khas kepulauan, air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir putih bersih, serta habitat terumbu karang yang menjadi idola para snorkeler dan divers dari seluruh pelosok negeri.

pulau kelapa

Daya Tarik Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

wisata pulau kelapa

Pulau Kelapa memiliki keunggulan tersendiri karena lokasinya yang berdekatan dengan pulau-pulau lainnya. Oleh sebab itu, aktivitas wisata bahari menjadi andalan di pulau ini. Ada beberapa aktivitas yang pastinya wajib dicoba pengunjung saat berada di pulau ini, antara lain:

  • Snorkeling dan diving. Ada beberapa spot snorkeling dan diving yang lokasinya berdekatan dengan Pulau Kelapa. Di antara yang terbaik adalah spot snorkeling di Pulau Dolphin, Pulau Putri, Pulau Macan Gundul, dan Pulau Genteng Kecil. Anda akan diajak untuk melihat lebih dekat kehidupan bawah laut sekitar Pulau Kelapa, di mana biota-biota lautnya sangat beraneka ragam dan terumbu karangnya masih terpelihara.
  • Island Hopping. Paket Wisata Pulau Kelapa umumnya termasuk island hopping atau keliling pulau dengan mengendarai kapal tradisional milik penduduk setempat. Dari Pulau Kelapa, rute island hopping yang paling populer adalah Pulau Bulat, Pulau Bira Besar, dan Pulau Perak. Kunjungan ke pulau-pulau kecil tanpa penduduk ini akan menambah sensasi liburan anda, sehingga terasa lebih menyenangkan.
  • Perahu Wisata. Aktivitas ini sebenarnya hampir sama dengan island hopping, namun biasanya didesain lebih santai dan eksklusif. Agenda ini dirancang menjelang sore hari, di mana para wisatawan bisa melihat keindahan pulau-pulau sekitarnya sambil menunggu senja. Perahu Wisata biasanya tidak disertai aktivitas seperti snorkeling, hanya melihat-lihat keindahan laut dan pemandangan senja di laut terbuka.

Anda bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan saat berada di Pulau Kelapa. Di sini, terdapat sebuah fasilitas penangkaran penyu, di mana pengelola menyediakan program edukasi tentang hewan laut kepada pengunjung. Fasilitas ini berada di Pulau kelapa Dua dan dikelola secara resmi oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Seperti halnya penangkaran penyu yang ada di Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, maupun Pulau Harapan, penangkaran penyu di Pulau Kelapa Dua terbuka untuk wisatawan. Fasilitas ini menyediakan edukasi bagi pengunjung, mulai dari kehidupan penyu sisik, perkembangbiakan, hingga proses pelepasan ke laut ketika penyu sudah berusia lebih dari 6 bulan.

Pernah terbayang bagaimana indahnya pemandangan alam di kepulauan pada sore hari dan anda duduk menghadap ke matahari tenggelam sambil menikmati hidangan seafood? Cobalah sensasinya di Pulau Kelapa. Di Pulau Kelapa, anda bisa menemukan kuliner khas Kepulauan Seribu yang belakangan ini cukup banyak diekspose di media sosial karena nama-namanya yang unik.

Di antaranya adalah Kue Kolong, Sambal Branyut, Puk Cue, Bom Atom, Sengkulun, dan Kue Maco. Kuliner ini sebagian tersedia di warung kuliner setempat dan ada juga di pusat oleh-oleh. Ada lagi kue talam ikan yang, kue talam yang diberi taburan abon ikan di atasnya. Anda bisa merasakan sensasi jajanan pasar yang didominasi olahan ikan di pulau ini.

Khusus di Pulau Kelapa, jangan lewatkan menikmati menu-menu seafood istimewa di pusat kuliner Pak Harun. Ini adalah salah satu warung makan bertema seafood paling populer di Pulau Kelapa. Anda dan teman-teman bisa bersantai menunggu momen matahari tenggelam sambil menikmati seafood di kafe yang menghadap ke laut.

Di ujung barat Pulau Kelapa, terdapat sebuah semi resort yang menawarkan fasilitas wisata khusus dan eksklusif bagi wisatawan. Namanya adalah Royal Island yang juga populer dengan nama Kampung Sunset. Dari namanya saja, anda pasti bisa membayangkan daya tarik utama pulau semi-resort ini, yakni pemandangan sunset yang eksotis berlatar belakang hutan mangrove yang terawat dengan baik. Karena posisinya di ujung Barat, pulau ini memang menawarkan pemandangan bebas hambatan ke arah matahari tenggelam.

Di Royal Island, ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan, yakni menikmati pemandangan sunset di sebuah jembatan bernama Royal Bridge. Terkadang, pesta BBQ pada malam perpisahan juga diadakan di jembatan ini. Berada di lokasi ini, anda akan menikmati pemandangan sunset terindah yang tidak akan terlupakan. Karena area ini merupakan daerah semi-resort privat, biasanya pengunjung datang bersama rombongan.

Satu lagi alternatif untuk menikmati pemandangan sunset istimewa di sekitar Pulau Kelapa adalah di Pulau Bulat, sebuah pulau mungil yang luasnya hanya sekitar 1.28 ha. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Pulau Harapan, namun sangat dekat jaraknya dengan Pulau Kelapa.

Pulau ini dikelola pribadi, dan didalamnya hanya ada satu bangunan yang tidak begitu berfungsi lagi. Namun, pulau ini masih dijaga oleh seseorang yang dipercaya oleh pemiliknya. Waktu yang tepat untuk datang ke Pulau Bulat adalah di sore hari, menjelang matahari tenggelam. Biasanya, kunjungan ke pulau ini menjadi rangkaian terakhir dari kegiatan snorkeling atau island hopping ke beberapa pulau yang berdekatan. Sebelum kembali ke Pulau Kelapa, rombongan bisa menikmati pemandangan sunset yang istimewa di pulau ini.

Bagaimana Cara Menuju Pulau Kelapa

Berbeda dengan Pulau Pramuka atau Pulau Harapan yang memiliki jadwal kapal ferry secara rutin, untuk ke Pulau Kelapa, ada tiga alternatif perjalanan yang bisa anda pilih:

  • Langsung ke Pulau Kelapa dari Kaliadem, Muara Angka. Untuk itu, anda perlu mendapatkan informasi jadwal keberangkatan kapal langsunga ke pulau.
  • Melalui Pulau Pramuka. Pulau Kelapa bisa diakses menggunakan kapal dari Pulau Pramuka, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jadi, anda sebenarnya bisa mengambil paket wisata Pulau Kelapa tersendiri atau bersamaan dengan paket Wisata Pulau Pramuka. Jika dari Pulau Pramuka, anda bisa datang ke Pulau Kelapa sebagai bagian dari aktivitas island hopping.
  • Menggunakan jembatan dari Pulau Harapan. Paket wisata Pulau Harapan bisa dirancang custom termasuk kunjungan ke Pulau Kelapa. Untuk rute kedua ini, anda tidak perlu membayar biaya tambahan.

Fasilitas dan Paket Wisata Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

Karena merupakan pulau berpenduduk, Pulau Kelapa juga unggul dalam hal fasilitas untuk memudahkan wisatawan. Oleh sebab itu, pulau ini juga cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Ada beberapa fasilitas pendukung pariwisata di pulau ini, seperti ATM, kios souvenir, sarana ibadah berupa musholla, area selfie, warung makan, area Wi-Fi, dan tempat penyewaan alat.

Kunjungan ke Pulau Kelapa akan terasa lebih menyenangkan dan praktis bila menggunakan paket wisata. Kenapa? Karena agenda perjalanan anda sudah diatur sedemikian rupa, sehingga anda bisa melihat banyak tempat dan melakukan banyak aktivitas tanpa diusik oleh urusan konsumsi, akomodasi, transportasi dan semacamnya. Bersama agen wisata Pulau Kelapa, urusan anda akan jauh lebih praktis.

Paket Wisata Pulau Kelapa bervariasi, mulai dari Paket 1 Malam, 2 Malam, dan seterusnya. Anda juga bisa memesan paket khusus alias custom jika memenuhi jumlah minimum peserta. Dengan paket khusus, anda bisa memilih objek mana saja yang akan dikunjungi beserta durasinya. Secara umum, paket wisata Pulau Kelapa termasuk pelayanan sebagai berikut:

  • Transportasi kapal ferry PP
  • Makan, 3 x sehari
  • Akomodasi berupa homestay
  • Sewa peralatan snorkeling
  • Sewa boat tradisional untuk island hopping, snorkeling, dan diving
  • Snorkeling di 2 hingga 3 spot, tergantung paket
  • Kunjungan ke fasilitas penangkaran penyu sisik
  • Watersports seperti canoeing atau banana boat
  • Pesta BBQ di malam terakhir, sebelum kembali ke Jakarta

Untuk berwisata ke Pulau Kelapa, anda memang dianjurkan mengambil paket menginap karena lokasi pulau ini memang cukup jauh dari Kota Jakarta, yakni dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 5 jam. Namun jangan khawatir. Biaya paket wisata Pulau Kelapa relatif terjangkau, karena banyak pilihan akomodasi tersedia, baik di Pulau Kelapa maupun di Pulau Harapan yang lokasinya sangat dekat.

Ketahui Keunikan Wisata Pulau Kelapa

Penduduk di Pulau Kelapa memiliki semacam kearifan lokal yang sebenarnya bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan tatanan kehidupan penduduk setempat. Layaknya kaum Bugis yang mengenal banyak legenda, anda juga akan mendengar legenda setan laut di pulau ini. Entah benar atau tidak, konon penduduk setempat yang sedang mencari ikan dengan menyelam di laut kerap melihatnya. Namun, ada sisi baik dari legenda ini, misalnya:

  • Agar wisawatan tetap menjaga etika, dan sopan santun selama berada di pulau.
  • Agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan
  • Agar wisatawan berkomunikasi secara baik dan menghindari ucapan-ucapan kotor

Satu lagi hal yang berbeda terkait wisata Pulau Kelapa adalah adanya kelompok sadar wisata (Pokdarwis) aktif di pulau ini. Pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu ini memang menawarkan sejuta pesona, baik pesona alam, budaya, dan bahari. Keberadaan Pokdarwis di sini akan berkontribusi terhadap promosi wisata setempat sekaligus memberdayakan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan budayanya.

Berkunjung ke Pulau Kelapa tidak akan menyulitkan anda, karena dukungan fasilitas yang sangat baik. Kalaupun tidak tersedia di pulau ini, anda bisa mendapatkannya di Pulau Harapan yang terhubung dengan jembatan saja. Pengunjung bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan pribadi di sini, seperti makanan dan minuman. Untuk menghemat biaya, anda bisa mencari makanan sendiri di warung-warung makan setempat, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah. Sekaligus, anda bisa mencoba kuliner khas Kepulauan Seribu.

Bagaimana? Siap mengeksplorasi keindahan bawah laut Pulau Kelapa dan pulau-pulau sekitar? Agendakan segera perjalanan anda dengan Paket Wisata Pulau Kelapa.

Paket Wisata Pulau Kelapa Kep seribu

PAKET 2 HARI 1 MALAM PULAU KELAPA

PAKET 3 HARI 2 MALAM PULAU KELAPA

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya