wisata pantai Pulau Seribu
Wisata Pantai Pulau Seribu Terbaik untuk Mengisi Liburan
Mei 16, 2021
wisata kuliner Pulau Tidung
Wisata Kuliner Pulau Tidung yang Menggoyang Lidah
Mei 17, 2021
Show all

Spot Snorkeling Menantang Bagi Pecinta Wisata Bahari

spot snorkeling menantang

Mencari spot snorkeling menantang merupakan salah satu aktivitas pertama yang dilakukan bagi para wisatawan pecinta olahraga air ini. Pengalaman menjelajahi keindahan bahari kepulauan seribu menang tidak bisa dilupakan.

Snorkeling sendiri merupakan sebuah olahraga penjelajahan di bawah permukaan air, bisa sungai, pantai, atau laut. Kedalamannya sendiri juga tidak begitu dalam, sehingga tidak memerlukan tabung oksigen layaknya diving.

Aktivitas ini cukup aman dilakukan bagi orang yang bisa berenang maupun belum pandai. Dengan melengkapi peralatan seperti pelampung, bisa membantu seseorang agar tetap mengapung, sehingga tidak sampai tenggelam.

Mengapa Harus Mencoba Snorkeling di Kepulauan Seribu

wisata ke Pulau SeribuKepulauan seribu merupakan deretan pulau – pulau kecil, baik berpenghuni maupun tidak berpenghuni di sebelah utara Jakarta. Meskipun berdekatan dengan ibu Kota yang terkenal dengan pembangunannya, kepulauan ini sengaja di lestarikan keasriannya.

Berbagai program konservasi dilakukan demi menjaga habitat biota lautnya tetap terjaga. Seperti konservasi bakau, konservasi ikan hiu, dan konservasi penyu. Usaha pemerintah ini berhasil menjadikannya sebagai wisata alami populer.

Tingginya kesadaran pemerintah dan penduduk lokal dalam menjaga alam, secara alamiah terbentuk berbagai spot snorkeling menantang bagi para wisatawan. Keindahan berbagai terumbu karang, ikan kecil, dan satwa eksotis lainnya dapat dinikmati.

Airnya juga jernih, kesadaran seperti membuang sampah pada tempatnya serta pemberian sosialisasi mengenai kebersihan pantai adalah salah satu faktornya. Sehingga penyelam bisa mengamati biota laut dengan jelas dan nyaman.

Tidak perlu khawatir meskipun tidak bisa berenang atau memiliki perlengkapannya, terdapat petugas yang siap menyewakan serta memandu Anda. Alat pengaman seperti pelampung juga disediakan, sehingga pengunjung bisa puas menikmati.

Ada beberapa jenis spot snorkeling menantang bagi para wisatawan, mulai dari kedalaman dangkal, hingga lebih dari 25 meter. Tentunya pengunjung harus memilih sesuai dengan kapasitas dan keterampilannya berenang agar tetap aman.

Persiapan Sebelum Snorkeling di Kepulauan Seribu

Bagi para penggemar selam permukaan, tentunya sudah sangat terbiasa dengan beragam persiapannya, mulai dari peralatan hingga cara menggunakannya. Namun bagi wisatawan pemula, ada baiknya mempersiapkan dengan baik terlebih dahulu.

Pertama adalah mempersiapkan perlengkapannya, secara umum terdapat snorkel sebagai alat bantu bernafas, masker dan kaca mata untuk membantu penglihatan, serta kaki ikan atau fins. Pastikan Anda menyewa perlengkapannya terlebih dahulu.

Periksa juga perlengkapannya, apakah masih layak serta cobalah menggunakannya. Bagi yang belum terbiasa bernafas menggunakan snorkel, ini bisa menjadi tantangan, namun cobalah untuk membiasakan sebelum masuk ke spot snorkeling menantang.

Sewalah pendamping atau orang profesional, fungsinya adalah menemani, membimbing, serta memastikan seluruh aktivitas kelompok aman. Meskipun kepulauan seribu terbilang lautnya aman, namun tidak ada salahnya berjaga – jaga.

Persiapan terakhir adalah tidak panik, banyak pemula panik terlebih dahulu sebelum menceburkan diri ke dalam air. Ingatlah bahwa wisata di Kepulauan Seribu didampingi oleh orang profesional, jadi tidak perlu panik dan ragu lagi. baca juga paket pulau putri

Rekomendasi Spot Snorkeling Menantang bagi Pemula

Kebudayaan Pulau SeribuWisatawan pemula atau belum pernah mencoba selam permukaan (snorkeling) sebelumnya tentunya menginginkan pengalaman menyenangkan, aman dan nyaman. Sehingga bisa menikmati keindahan biota laut bahkan terumbu karangnya.

Untuk itu spotnya haruslah tidak terlalu dalam, memiliki keindahan biota laut, dan dekat dengan daratan. Kepulauan seribu memiliki beragam spot berkategori demikian, berikut beberapa tempat yang kami rekomendasikan bagi Anda para wisatawan.

Pulau Macan

Pulau ini terkenal karena suasananya yang privat, pemiliknya membatasi pengunjungnya sehingga Anda bisa lebih bebas berwisata bawah air bareng keluarga. Terbatasnya pengunjung ini menjadikan wisata airnya mewah serta terjaga.

Pulau Pari

Selain terkenal dengan wisata mangrovenya, pulau pari memiliki keindahan biota laut yang terjaga dengan baik oleh penduduk sekitar. Bahkan pusat penelitian Lipi juga beberapa kali melakukan penelitian terkait ekosistem laut di sini.

Kondisi perairannya juga jernih serta tenang, sehingga wisatawan pemula bisa menikmati indahnya pemandangan bawah air dengan santai dan nyaman. Puluhan jenis ikan kecil lucu siap menyambut para penyelam.

Pulau Pramuka

Spot snorkeling menantang bagi pemula yang unik adalah pulau pramuka. Keunikannya terletak pada gumuk pasirnya, ketika pasang ia akan terbenam ke lautan, ketika surut akan muncul ke permukaan air menjadi daratan kecil.

Selain gumuk, keindahan bawah lautnya juga tidak kalah menarik, bahkan sering disebut sebagai pusat kegiatan menyelam. Visibilitas airnya yang jernih serta keragaman ikan hiasnya merupakan nilai eksotis dari menyelam di pulau Pramuka.

Pulau Sepa

Lautan biru jernih merupakan ciri khas dari pulau Sepa. Menyelam sedikit dari permukaan air, sudah mampu melihat dasar serta keanekaragaman ekosistem lautnya. Mulai dari ikan kecil berwarna – warni hingga karang – karang.

Rekomendasi Spot Snorkeling Menantang untuk Jiwa Petualang

Bagi pencinta olahraga bahari, tentunya kurang puas apabila menjelajahi daerah dangkal atau kurang tantangan. Menjelajahi laut lebih dalam serta berbagai kondisi alam menantang lainnya memberikan sensasi tersendiri.

Terlebih setelah itu disajikan beragam kecantikan biota lautnya, tentu sangat menyenangkan. Pada kepulauan Seribu, terdapat beberapa spot menarik bagi para pecinta eksplorasi bawah laut, di antaranya adalah.

Pulau Petondan Timur

Menyelam sedikit lebih dalam tentunya memberikan sensasi tersendiri, terlebih di pulau Petondan Timur. Anda bisa menyelam hingga kedalaman 35 meter, namun untuk keselamatan dan keamanan pastikan kondisi fisik atau perlengkapannya aman.

Di dalamnya, penyelam akan disuguhkan bagaimana alam bertindak terhadap buatan manusia. Beberapa kapal tenggelam mulai ditumbuhi karang dan dijadikan tempat berlindung ikan – ikan kecil. Menarik sekaligus mendebarkan.

Karang Congkak

Spot snorkeling menantang berikutnya adalah Karang Congkak, dengan kedalaman maksimal mencapai 25 meter. Menyelam sedalam itu memberikan pemandangan indah dari Poso Wreck, hamparan pasir dan koral warna – warni.

Spot penyelaman ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh orang ahli, karena memiliki kedalaman cukup serta memiliki arus laut. Disarankan juga menggunakan perlengkapan lengkap untuk menyelam apabila ingin menjelajahi dalam waktu lama.

Pulau Ayer

Keindahan pulau, biota laut, dan terumbu karangnya akan menjadi menantang dengan adanya biawak di daerah tersebut. Berdasarkan penduduk lokal, biawaknya tidak akan mengganggu manusia. Namun tetap saja berenang atau menyelam menjadi sangat mendebarkan.

Gosong Perak

Spot satu ini terkenal karena akan menyembul ke permukaan laut ketika airnya surut. Memperlihatkan berbagai keindahan pasir putih serta karang – karangnya. Namun ketika sudah pasang, saatnya menyelam.

Wisatawan bisa menikmati beragam koral atau karang warna warni, dengan berbagai jenis ikan – ikan eksotisnya. Perlu timing yang pas agar bisa memperoleh pemandangan terbaik, sehingga bisa menyelam ditemani ikan – ikan cantik.

Snorkeling di Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi serta kegiatan liburan menyenangkan, terutama bagi warga Ibu Kota. Untuk berpartisipasi dalam olahraga air tersebut, kami Pulau Seribu Traveling siap mengantar Anda.

Selain perlengkapan menyelam, pendampingan, juga lokal guide, kami membantu Anda mencarikan tempat paling nyaman untuk bermalam. Konsumsi juga menjadi salah satu layanan kami, sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan leluasa.

Tidak perlu ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu, apabila ingin mengagendakan acara tertentu. Kami siap melayani kebutuhan wisatawan terlebih mencari spot snorkeling menantang baik bagi pemula maupun profesional.

Comments are closed.

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya