spot snorkeling menantang
Spot Snorkeling Menantang Bagi Pecinta Wisata Bahari
Mei 17, 2021
penginapan pulau seribu
Penginapan di Pulau Seribu yang Nyaman dan Asyik
Mei 18, 2021
Show all

Wisata Kuliner Pulau Tidung yang Menggoyang Lidah

wisata kuliner Pulau Tidung

Berlibur ke Pulau Seribu tidak lengkap rasanya apabila tidak melakukan wisata kuliner Pulau Tidung. Pulau tersebut mempunyai berbagai makanan khas yang wajib Anda cicipi. Di samping itu, juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Salah satu destinasi wisata di Pulau Seribu tersebut mempunyai berbagai pesona dan kecantikan alam yang patut dikunjungi. Sudah banyak wisatawan yang berdatangan menjelajah keindahan alam destinasi tersebut.

Selain keindahan alam, juga menghadirkan wisata kuliner yang mampu menggoyang lidah. Anda dapat menikmatinya bersama orang-orang terdekat. Tidak hanya kenyang, rasanya yang lezat dapat membuat Anda semakin betah berlibur di sana.

Pulau tidung mempunyai sederet makanan khas mulai dari kerupuk ikan, keripik sukun, blibar manggis sampai clorot. Semuanya memberikan sensasi berbeda ketika masuk ke dalam mulut.

Wisata Kuliner Pulau Tidung di Tepi Pantai

kuliner unik di kepulauan seribuBerlibur tidak hanya untuk menikmati keindahan alam suatu destinasi wisata, tetapi juga kuliner khas dari daerah tersebut. Setiap daerah sudah pasti mempunyai makanan khas dengan cita rasa bermacam-macam.

Anda dapat menikmati keunikan rasa kuliner khas Pulau Tidung dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah hidangan yang berasal dari laut. Apabila mengunjungi pantai wisata ini, jangan sampai melewatkan hidangan laut segar.

Bahan baku diambil langsung dari laut dan segera diproses tanpa melewati proses pengiriman. Hal ini menjaga kesegaran bahan dan tentu membuat rasa masakan jauh lebih enak.

Anda dapat menyantap aneka hidangan segar seperti ikan, udang, cumi-cumi, kerang, kepiting dan lain sebagainya. Tidak hanya segar, hewan laut tersebut juga diolah dengan bumbu khas Pulau Tidung yang unik dan lezat.

Selain dapat merasakan kelezatan hidangan laut segar, Anda juga dapat menikmati pemandangan laut di depan mata. Betapa segar menyantap hidangan laut dengan pemandangan alam yang cantik.

Di tambah dengan semilir angin yang membuat suasana semakin menyenangkan. Anda bisa makan sambil bercengkrama dan bercanda tawa bersama orang terdekat. Hal tersebut pasti akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Wisata kuliner Pulau Tidung berikutnya adalah olahan dari ikan tenggiri. Nama olahan tersebut adalah otak-otak. Makanan ini diolah dari ikan tenggiri dengan bumbu asli Pulau Tidung.

Dibalut daun kelapa muda kemudian dikukus. Anda akan merasakan lembut dan lezatnya santapan tersebut. Makanan ini dapat dijadikan lauk pendamping nasi atau disantap sebagai camilan ringan.

Jangan lupa memesan minuman segar dalam wisata kuliner di Pulau Tidung. Misalnya aneka es, seperti es degan. Minuman tersebut bisa menjadi penutup wisata kuliner di tepi pantai Pulau Tidung yang cantik.

Makanan Ringan Ala Pulau Tidung

Selain bisa menikmati makanan berat di pulau ini, Anda juga dapat menikmati makanan ringan. Bahkan, makanan tersebut dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ringan di perut dan ringan di bagasi.

Salah satunya adalah kerupuk ikan. Karena dekat dengan laut, sudah pasti ikan adalah bahan makanan yang wajib diolah. Supaya awet, bahan tersebut dicampur tepung sagu, dikeringkan kemudian dijadikan kerupuk.

Kerupuk ini tidak hanya lezat tapi juga renyah ketika disantap. Anda bisa menikmati makanan ringan ini sambil mengobrol bersama keluarga atau teman di pinggir pantai. Bisa pula ketika bersantai di penginapan.

Makanan ringan ini bisa dibawa kemana-mana. Bahkan, dijadikan oleh-oleh. Ketika sudah pulang ke rumah, Anda dapat mengenang liburan di Pulau Tidung sambil memakan krupuk ini.

Wisata kuliner Pulau Tidung tidak hanya berupa olahan dari ikan. Ada pula menu lain yang terbuat dari buah. Namun, buah tersebut tidak banyak dikenal. Yaitu buah sukun.

Buah ini hampir serupa dengan buah nangka. Namun buah nangka mempunyai ukuran lebih besar. Bentuknya bulat dengan kulit seperti duri-duri. Bila bosan dengan makanan laut, Anda bisa menyantap olahan sukun.

Buah ini dijadikan keripik renyah oleh penduduk Pulau Tidung. Melalui industri rumahan, buah ini diolah dengan bahan-bahan alami sehingga menghasilkan keripik yang lezat dan sehat. Bebas dari bahan-bahan kimia.

Buah ini mempunyai rasa manis. Tanpa perlu menambahkan gula, keripik ini sudah mempunyai cita rasa alami yang menggoyang lidah. Sama seperti kerupuk ikan, keripik sukun bisa dinikmati di mana saja.

Selain bisa menikmatinya dalam acara wisata kuliner Pulau Tidung, Anda dapat membawa pulang untuk dijadikan teman lembur. Makan keripik sukun sambil lembur dapat menambah semangat dan energi.

Mencicipi Jajanan Khas Pulau Tidung

Destinasi wisata yang satu ini tidak hanya menghadirkan makanan berat. Tetapi juga menghadirkan makanan ringan dengan cita rasa manis seperti kue. Terdapat jajanan khas dengan rasa manis yaitu blibar manggis.

Jika hanya melihat dari namanya, mungkin banyak yang mengira santapan tersebut berasal dari buah manggis. Namun, santapan ini sama sekali tidak menggunakan bahan manggis sedikitpun.

Kue ini dibuat dari ketan, kelapa dan air gula. Meski hanya menggunakan bahan-bahan sederhana, namun tekstur dan rasa tidak boleh diragukan. Santapan ini mempunyai tekstur yang empuk.

Sedangkan rasanya sudah tentu manis. Cita rasa ini berasal dari gula bukan pemanis buatan. Sehingga aman dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang tua. Bisa dijadikan makanan penutup setelah menyantap makanan berat.

Makanan bercita rasa manis dalam wisata kuliner Pulau Tidung berikutnya adalah clorot. Jajanan ini juga mempunyai rasa manis karena mengandung gula jawa. Gula jawa dianggap lebih nikmat daripada gula pasir.

Berbeda dari blibar manggis yang terbuat dari ketan, clorot berbahan baku tepung beras. Adonan dibalut dengan daun kelapa muda. Jajanan ini berwarna kecoklatan yang berasal dari warna alami gula jawa.

Panduan Penting Sebelum Wisata Kuliner Pulau Tidung

Sebelum membeli dan menyantap makanan khas pulau ini, terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Karena liburan tujuannya adalah untuk refreshing, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Teliti Memilih Makanan

Makanan yang khas yang dimiliki oleh Pulau Tidung cukup banyak. Anda tidak perlu menyantap semuanya. Sesuaikan dengan selera dan kesehatan. Misalnya memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, maka hindari.

Jangan hanya karena ingin menyantap satu porsi makanan khas lalu mengabaikan kesehatan pribadi. Hidangan khas pulau ini cukup banyak, jadi pilih yang tidak menimbulkan alergi.

Memastikan Harga Makanan kepada Penjual

Setiap penjual sudah pasti menawarkan harga berbeda. Oleh sebab itu, dalam wisata kuliner Pulau Tidung, Anda wajib menanyakan harga sebelum membeli. Akan lebih baik bila menemukan harga murah dengan rasa unggul.

Menjaga keuangan juga penting selama berlibur. Jangan mudah menghamburkan uang bila dapat dihemat dengan baik. Jika ada dana tersisa bisa ditabung untuk agenda liburan berikutnya.

Jangan Lupa Minum Air Putih

Ketika berada di warung atau restoran, umumnya orang enggan memesan air putih. Apalagi jika memesan menu olahan ikan. Biasanya minuman segar adalah pendampingnya. Tidak masalah jika memesan minuman segar.

Namun, jangan lupa untuk menjaga asupan air putih. Anda bisa minum air putih ketika di penginapan atau saat dalam perjalanan. Sehingga tidak dehidrasi dan kesehatan tetap terjaga.

Apabila ingin berwisata di Pulau Tidung, Anda dapat menghubungi kami, jasa Pulau Seribu Traveling. Kami menyediakan berbagai layanan wisata, mulai dari transportasi hingga penginapan. Bisa dengan menghubungi (021)29461292.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur adalah berburu kuliner khas. Pulau Tidung mempunyai sederet makanan khas yang lezat. Wisata kuliner Pulau Tidung bisa dimulai dari otak-otak sampai clorot.

Comments are closed.

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya