Sejarah dan Fakta Pulau Ayer Yang Tidak Banyak Diketahui

sejarah dan mitos Pulau Pari
Sejarah dan Mitos Pulau Pari Yang Tidak Banyak Diketahui
April 21, 2021
snorkeling di Pulau Bira
Snorkeling di Pulau Bira, Surga Bawah Laut Kota Jakarta
April 25, 2021
Show all

Sejarah dan Fakta Pulau Ayer Yang Tidak Banyak Diketahui

sejarah dan fakta pulau Ayer

Pulau yang memiliki sejarah dan fakta pulau Ayer menjadi salah satu bahasan menarik mengenai salah satu gugusan Kepulauan Seribu. Ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa ada banyak sekali hal menarik yang belum banyak diketahui oleh para pembaca. Sebelum Anda berwisata kemari, ada baiknya tidak melewatkan fakta menarik tentang pulau ini.

Pulau yang memiliki julukan lain sebagai Mutiara Kepulauan ini memang menjadi tujuan wisata para wisatawan luar negeri alias mancanegara. Luas dari pulau ini memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pulau lain. Tidak lain yaitu hanya sekitar 10 hektar saja dengan jarak yang sangat dekat dengan Pantai Marina, Ancol.

Sejarah Pulau Ayer Menjadi Berpenghuni

Menurut sejarah dan fakta pulau Ayer yang ada, pulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950 silam. Bahkan, pulau ini cukup dikenal karena pada masa lalu menjadi saksi dimana mantan presiden pertama, Sukarno beristirahat di pulau ini. Bahkan, beliau juga mengajak mantan President Tito dan sekretaris Jenderal PBB untuk berkunjung kemari.

Hingga sekarang, setelah pulau ini sudah dikembangkan dengan berbagai macam hal baru yang masuk menjadi lebih bagus. Hingga ada banyak wisatawan mancanegara yang membicarakan pulau ini. Hal ini pastinya karena memang keindahan alam yang menjadikan pulau ini layak untuk dikunjungi. Lokasi pulau ini ke Ancol ternyata hanya 14 km saja dengan memakan waktu 30 menit.

Hal yang paling menarik dan dinanti oleh semua kalangan yang berkunjung ke pulau ini ialah cottage. Dimana ini juga terletak di dekat pantai yang menjadi pemandangan dan suasana dari pulau ini bahkan menjadi lebih menarik. Ada banyak sekali kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat berada di pulau ini, simak semua paparan mengenai sejarah dan fakta pulau Ayer.

Info Perjalanan ke Pulau Ayer Kepulauan Seribu

Yang sangat disayangkan ialah masih banyak saja kalangan yang ternyata tidak tahu bahwa lokasi pulau ini sangat mudah dikunjungi. Berbeda dengan pulau lain yang mungkin membutuhkan waktu dan usaha yang maksimal untuk bisa sampai  ke sana. Bahkan, untuk rute perjalanannya tidak akan memakan waktu lama hingga kendaraan menuju  ke sana sudah mendukung.

Maka, untuk Anda yang akan menuju  ke sana ada baiknya tidak hanya tahu mengenai sejarah dan fakta pulau Ayer saja. Melainkan, rute perjalanan yang harus Anda lalui agar bisa sampai ke pulau ini dengan aman. Untuk itu, pastikan Anda menyimak semua paparan mengenai sejarah dan fakta di pulau Ayer dan rute ke pulau ini agar tidak membuang banyak waktu.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Ancol tepatnya dermaga Ancol, Anda harus memastikan bahwa rute tujuan ialah ke pulau Ayer untuk satu arah. Sehingga, Anda tidak diharuskan untuk transit dimanapun karena ada satu boat yang mendukung perjalanan langsung  ke sana. Anda memang diharuskan untuk menggunakan kapal cepat atau speed boat.

Bagi Anda yang mungkin takut dengan air dan ombak, jangan khawatir karena normalnya ombak yang ada di pulau ini cukup aman. Namun, tidak diketahui jika sesekali atau satu waktu bisa saja ombak yang terjadi itu cukup tinggi. Jangan khawatir, karena Anda bisa cek cuaca pada saat perjalanan liburan  ke sana.

Setelah Anda sudah sampai ke pulau Ayer, Anda akan disambut dengan kegiatan sehari-hari masyarakatnya. Ada banyak sekali pemandangan cottage yang bisa Anda nikmati. Bahkan, Anda bisa memilih salah satu cottage yang mungkin cocok untuk akomodasi. Anda harus memastikan secara langsung bahwa cottage yang dipilih itu masih kosong, alias belum ada penghuninya.

Fakta Pondok Apung Menjadi Tempat Penginapan Terbaik?

Karena bahasan yang dipaparkan di pembahasan ini ialah mengenai sejarah dan fakta pulau Ayer, berikut ini akan dibahaskan mengenai fakta. Banyak kalangan baik itu yang sudah pernah berwisata kemari atau tidak mengatakan, bahwa tempat terbaik untuk penginapan di Pulau Ayer ialah Pondok Apung. Pertanyaan yang juga diajukan ialah apakah memang benar mengenai fakta ini?

Memang benar, bahwasanya sebagian besar wisatawan itu lebih memilih bermalam dan menginap di pondok ini. Hal ini dikarenakan karena tempat penginapannya itu berbentuk cottage yang terapung. Apalagi untuk mereka yang hendak melakukan bulan madu bersama pasangan alias honeymoon. Anda tidak perlu khawatir memilih destinasi wisata terbaik untuk berlibur bersama.

Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan utama membangun cottage pastinya sudah terpilih. Diantaranya yaitu jenis kayu resin laut yang memang sudah terbukti sangat kuat terhadap korosi air laut. Untuk cottage yang terhubung ke cottage lainnya itu memang sudah dihubungkan dengan jembatan kayu. Sehingga, untuk sampai ke cottage lainnya itu akan tertuju ke pintu pondok.

Pondok apung sendiri menurut sejarah dan fakta pulau Ayer memang sudah didesain dengan privasi, sehingga para wisatawan tidak perlu merasa khawatir. Karena, Anda yang bermalam disana tidak bisa dilihat oleh wisatawan atau pengunjung lain yang ada disana. Anda bisa merasakan suara ombak laut setiap saat, bahkan bisa menikmati pemandangan laut di pagi hari.

Pemandangan laut yang Anda rasakan itu tidak sama dengan yang Anda rasakan di pulau lain. Menurut sejarah dan fakta pulau Ayer, Anda juga bisa melihat lampu kota di Jakarta yang memiliki kilau yang indah. Sehingga, Anda bisa menikmati kedua pemandangan sekaligus, yaitu pemandangan alam dengan pemandangan perkotaan yang hanya berupa lampu.

Jenis Cottage dan Pondok Yang Bisa Dipilih

Sebelum memutuskan hendak menginap dimana, Anda bisa mencari tahu beberapa informasi yang berkaitan dengan ini terlebih dahulu. Seperti misalnya Anda ingin menginap di cottage, coba cari tahu jenis dan tipe cottage yang bisa Anda pilih saat berwisata ke Pulau Ayer. Berikut ini beberapa jenis atau tipe pondok cottage yang bisa Anda pilih.

Pertama, ada jenis pondok standar yang pastinya sesuai dengan namanya, yaitu untuk tipe standar. Untuk tipe kedua, Anda bisa juga memilih pondok keluarga saat berwisata melihat sejarah dan fakta pulau Ayer jika Anda memang berwisata dengan keluarga besar. Untuk pondok dengan fasilitas yang lengkap Anda juga bisa memilih pondok VIP.

Jenis cottage yang juga bisa Anda pilih ialah Bungalow Cottage yang juga menjadi pilihan favorit. Jika Anda tidak mau menginap di cottage juga tidak masalah, karena Anda bisa memilih hotel dengan dua jenis. Hotel yang tersedia yaitu hotel mewah dan hotel eksekutif yang bisa dipilih dengan penyesuaian harga.

Jika Anda tidak ingin memilih salah satu dari jenis penginapan ini juga bisa memilih di pondok apung. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa pondok apung ternyata benar menjadi salah satu penginapan yang bisa dipilih. Anda bisa menikmati fasilitas lain di pulau Ayer ini seperti Hopping Island, Cottage Darat, Cottage Apung, Kolam Renang, hingga Jet Ski.

Selain itu, Anda bisa langsung menentukan kapan waktu liburan yang Anda inginkan. Karena, pulau ini ternyata hanya bisa menampung maksimal 400 orang wisatawan saja. Dengan menentukan kapan waktu terbaik untuk berkunjung, Anda bisa melakukan langsung berkunjung kemari untuk mencari tahu sejarah dan fakta pulau Ayer lainnya.

Comments are closed.

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya