Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu
Januari 17, 2021
kuliner unik di kepulauan seribu
Dijamin Laper! Inilah Daftar Kuliner Unik Di Kepulauan Seribu
Februari 14, 2021
Show all

Tips Camping ke Pulau Semak Daun supaya Lebih Seru

pulau semak daun

Salah satu tempat terbaik untuk camping adalah di Pulau Semak Daun. Pulau ini cocok sekali untuk Anda yang gemar camping dan menghabiskan waktu dengan alam. Karena di sini memiliki suasana pulau yang hening sehingga paling cocok untuk liburan camping bersama teman-teman dan keluarga.

Bahkan saat mencoba camping di sini, Anda akan merasa seperti sedang berada dalam pulau tanpa penghuni. Yang jadi pertanyaan adalah bisakah bermain snorkeling di pulau ini? Ini adalah pertanyaan dasar yang sering ditanyakan beberapa orang namun cukup penting bila ingin menikmati ketenangan dan suasana saat liburan di pulau ini.

Untuk snorkeling bisa, namun sebaiknya tidak dilakukan karena pulau ini sepi penghuni. Sehingga ditakutkan bila terjadi apa-apa di saat snorkeling tidak ada yang membantu. Maka dari itulah sebaiknya saat berada di pulau ini Anda memilih untuk melakukan kegiatan camping saja. Karena jauh lebih aman dan pantas dilakukan di pulau ini.

Hanya saja bila Anda ingin melakukan camping di tempat ini sebaiknya jangan sembarangan juga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika camping di Pulau Semak Daun agar merasa aman, nyaman, dan tenang. Setidaknya persiapkan dulu dari awal sebelum berangkat ke sana. Jadi tidak hanya perlengkapannya saja, namun perhitungkan masalah kondisinya juga.

Salah satunya adalah harus memperhatikan dari kondisinya. Karena kepulauan Seribu ada banyak, jadi cari tahu dulu pulau mana yang paling cocok untuk melakukan kegiatan camping. Karena ternyata masih ada banyak pulau yang tidak berpenghuni jadi sebaiknya lebih teliti dalam memilihnya. Berikut ini adalah beberapa tips camping untuk Anda:

Tips 1: Perhatikan Cuacanya!

Salah satu poin penting jika camping ke Pulau Semak Daun yang harus diperhatikan adalah soal cuacanya. Kondisi cuaca di sini sangat penting sekali apakah masuk pada musim kemarau atau penghujan. Cuaca bisa menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan outdoor. Maka dari itulah campinglah di musim kemarau.

Karena pada musim kemarau itu persiapannya lebih mudah. Anda hanya perlu membawa hammock dan flysheet saja untuk tidur di pulau. Kalaupun harus menggunakan tenda, Anda tidak perlu membawa flysheet. Karena sudah pasti udara atau suhunya di pulau ini cenderung panas bila memasangnya. Selain itu tanpa flysheet sirkulasi udara lebih stabil.

Namun jika Anda berkunjung pada musim penghujan, sebaiknya bawa flysheet tambahan sebagai dapur umum. Pastikan bagian flysheet tenda bebas bocor supaya tidak merepotkan dan menjadi berantakan saat liburan. Maka dari itulah untuk mengantisipasi hal-hal buruk, bawa saja dry bag. Sehingga semua barang berharga tetap aman.

Barang-barang berharga itu meliputi dompet, handphone, baju kering, dll. Setidaknya dengan membawa dry bag, maka semua barang penting tidak rusak oleh hujan bila datang sewaktu-waktu. Karena Anda tidak pernah tahu datangnya hujan, jadi lakukan persiapan sejak dini untuk menghindari hal buruk yang bisa terjadi kapan saja di Pulau Semak Daun.

Tips 2: Perhatikan Lokasinya

Selain memperhatikan faktor cuacanya, jangan lupa melihat dari segi lokasinya. Ini penting sekali di saat Anda ingin memasang sebuah tenda. Pastikan Anda memasang tenda pada jarak yang aman dari air laut. Karena bisa saja di saat Anda tidur terkena air pasang dan tenggelam jika bagian ini tidak diperhatikan dengan baik.

Sayangnya beberapa orang seringkali hanya karena ingin memiliki view laut yang indah lantas langsung memasang tenda tepat di pinggir laut langsung. Selanjutnya, di saat malam tiba, mereka terendam oleh air laut karena sedang pasang. Maka dari itulah selalu perhatikan batas pasang air laut sebelum memasang tenda.

Anda bisa melihatnya dari garis pantai. Jadi pastikan bila ingin memasang tenda di Pulau Semak Daun, maka letakkan di atas garis dari pasang laut. Bila Anda sudah berada pada tempat yang aman dari lokasi pasang laut, maka perhatikan arah anginnya. Karena jika tidak memperhatikan arah angin laut akibatnya bisa buruk.

Jadi selalu pastikan arah angin laut dari mana supaya kegiatan camping lebih nyaman. Yang pasti, camping akan terasa lebih nyaman bila tendanya dipasang membelakangi dari angin laut. Setidaknya jangan menghadap angin laut langsung, tapi manfaatkan semak-semak dan pohon di sekitar pulau supaya camping lebih nyaman dan aman.

Tips 3: Bawa Perlengkapan yang Lengkap

Setelah memperhatikan lokasinya, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa. Karena camping di pantai itu tidak sedingin seperti saat berada di gunung, maka jangan membawa sleeping bag. Karena itu hanya akan membuat barang bawaan semakin banyak dan menyusahkan. Akibatnya camping terasa tidak nyaman.

Maka ingatlah bahwa udara di laut tentu lebih panas dan kering daripada saat camping di gunung. Jadi, daripada membawa sleeping bag, sebaiknya bawa saja matras. Itu jauh lebih menguntungkan dibandingkan Anda membawa sleeping bag saat camping di Pulau Semak Daun.

Selain itu, berdasarkan pengalaman beberapa orang yang pernah camping di kawasan pulau, sebenarnya Anda tidak harus memasang pasak saat menggunakan tenda. Kecuali bila kondisi anginnya kencang, maka pasak baru digunakan supaya tenda tetap aman. Selanjutnya diikat dengan tali rafia. Dengan begitu bisa terlihat dengan jelas.

Akses Menuju ke Pulau Semak Daun

trip pulau pramukaSelain memperhatikan tips camping yang aman di pulau ini, maka saatnya untuk memperhatikan aksesnya supaya bisa sampai ke tempat tujuan. Untuk menuju ke pulau ini sebenarnya mudah! Anda bisa menggunakan beberapa penyeberangan kapal yang terletak di Tangerang dan Jakarta. Misalnya saja di Dermaga Marina Ancol, Tanjung Pasir, dll.

Jika berangkat dari dermaga Marina Ancol, Anda bisa menggunakan kapal cepat dari pihak agen pariwisata ke Pulau Semak Daun. Harganya cukup mahal sebesar Rp 450.000,- per orang. Jadi tidak cocok bila ingin liburan hemat. Sedangkan bila berangkat dari dermaga Tanjung Pasir, maka cukup sederhana. Anda bisa datang di Tangerang.

Selanjutnya bila berangkat dari dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa, maka Anda bisa mengenal lebih jauh pelabuhan iconic Jakarta. Karena tidak hanya memiliki sejarah yang unik di dalamnya, di sini juga terdapat pelabuhan kapal yang bersejarah dan masih beroperasi hingga saat ini. Anda bisa menuju ke kepulauan seribu dari pelabuhan ini menggunakan kapal Pelni.

Untuk menikmati liburan di salah satu kepulauan Seribu ini Tentunya dengan biaya yang cukup terjangkau, hanya Rp 6.500,- saja per orang. Sehingga sangat murah dan tidak menguras isi kantong. Rute kapal Pelni ini bisa menuju hingga ke beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Jadi cocok untuk Anda yang mau camping sambil liburan hemat supaya tidak banyak biaya. Karena biaya akomodasinya sangat terjangkau. Bila Anda ingin menuju ke Semak Daun, transit saja dulu ke Pulau Pramuka. ke  dari pulau tidung Setelah itu sewa perahu menuju ke Pulau Semak Daun.

Comments are closed.