Dijamin Laper! Inilah Daftar Kuliner Unik Di Kepulauan Seribu

pulau semak daun
Tips Camping ke Pulau Semak Daun supaya Lebih Seru
Februari 7, 2021
pulau semak daun
Pulau Semak Daun, Habiskan Liburan Akhir Tahun dengan Camping
Maret 3, 2021
Show all

Dijamin Laper! Inilah Daftar Kuliner Unik Di Kepulauan Seribu

kuliner unik di kepulauan seribu

Tanpa disadari ternyata ada banyak daftar kuliner unik di kepulauan seribu yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Jadi jika selama ini mungkin kepulauan ini hanya dikenal dengan pesona bawah laut dan keindahan pantainya, maka Anda wajib mencoba sajian kulinernya! Karena terdapat banyak sekali keunikan kuliner yang layak dicicipi.

Sebagai gugusan pulau yang dekat dengan Jakarta, Pulau Seribu ini sering dijadikan sebagai destinasi terfavorit para masyarakat urban. Bahkan meskipun namanya masih jauh dari pulau Dewata, namun pesona keindahannya dijamin akan membuat siapapun langsung terpikat. Karena ada banyak kawasan tropis yang indah dan cantik untuk dikunjungi.

Selain itu, hanya di sinilah Anda bisa mencoba berbagai macam kuliner unik yang menggugah selera. Dikatakan sebagai kuliner unik karena namanya tidak biasa bahkan terdengar sangat lucu. Namun meskipun namanya unik, ternyata rasa kulinernya sangat lezat. Bahkan sudah banyak wisatawan yang datang kembali hanya untuk mencoba kulinernya.

Penasaran seperti apakah sajian kuliner unik di kepulauan seribu? Langsung saja datangi beberapa spot yang ada di sana dan nikmati hidangannya. Misalnya saja seperti pempek puk cue, onde-onde dari ikan laut yang disebut sebagai kue maco, selingkuh, dll. Lebih lengkapnya di bawah ini adalah deretan sajian kuliner unik yang ada di sini:

Pempek Puk Cue Khas Kepulauan Seribu

Jika sebelumnya Anda mungkin mengira bila pempek hanya ada di Palembang ibukota Sumatera Selatan, namun ternyata kepulauan Seribu juga punya! Bahkan masyarakat dari kepulauan Seribu juga tidak mau kalah dalam mengolah sajian ikan lautnya menjadi camilan yang lezat bernama puk cue.

Sajian kuliner puk cue ini rasanya seperti pempek dari Palembang. Sehingga siapapun yang mencobanya pasti ingin kembali lagi menyantapnya. Rasanya benar-benar menggugah selera siapa saja. Puk cue ini makanan khas kepulauan Seribu yang dibuat dari kombinasi tepung sagu, terigu, dan daging ikan segar.

Makanan ini cocok sekali untuk pecinta seafood yang praktis. Anda bisa menyantapnya dengan sambal bumbu kacang agar rasanya lebih nikmat. Untuk menemukan sajian kuliner ini, Anda bisa mengunjungi ke pulau Panggang. Letaknya berada dalam 1 kelurahan kepulauan Seribu. Di mana tempat ini adalah pusatnya 13 pulau yang ada di kepulauan Seribu.

Onde-Onde Ikan Laut (Kue Maco)

Kue maco adalah salah satu sajian kuliner unik di kepulauan seribu yang terlihat seperti kue tradisional di Indonesia. Yaitu onde-onde. Hanya saja cita rasa kue maco ini sangat berbeda sekali dengan onde-onde. Jika onde-onde rasanya manis karena berisi kacang hijau, sedangkan kue maco berbeda.

Kue maco cita rasanya asin, gurih menjadi satu. Karena di dalamnya terdapat daging cincang dari ikan laut yang disajikan dalam bentuk abon sebagai isiannya. Sehingga dengan isi abon ikan laut inilah membuat kue maco menjadi salah satu sajian kuliner paling lezat dan sehat di kepulauan Seribu.

Meskipun bentuknya berupa abon, namun Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Karena isiannya berupa ikan laut segar tanpa proses pendinginan, sehingga cita rasanya benar-benar khas. Berbeda sekali dengan ikat laut yang melewati proses pendinginan. Maka dari itulah pecinta kuliner wajib mencobanya!

Kue Selingkuh

Siapapun yang mendengar nama selingkuh tentunya akan menganggap bahwa itu adalah perbuatan tercela karena berkhianat kepada pasangan. Namun ini berbeda sekali dengan yang ada di kepulauan Seribu. Di sini nama selingkuh adalah salah satu sajian kuliner unik di kepulauan seribu yang wajib Anda coba.

Lebih menariknya lagi adalah ternyata sampai sejauh ini belum ada orang satupun yang tahu alasannya kenapa dinamakan sebagai makanan selingkuh. Namun dengan keunikan namanya itulah menjadikan semua orang semakin penasaran. Selingkuh adalah lontong yang isinya abon ikan atau dari daging cincang.

Beberapa masyarakat dari kepulauan Seribu membuatnya dari santan kelapa, beras, dan abon ikan kemudian langsung dikukus menggunakan daun pisang. Sehingga jadilah lontong selingkuh. Bila melihat proses pembuatan dan bahannya secara sekilas terlihat seperti kue lemper yang berasal dari Jawa. Namun soal rasa sudah pasti kuliner unik di kepulauan seribu berbeda!

Kue Talam Ikan khas Pulau Panggang

Dari sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu, kue talam merupakan salah satu sajian kuliner yang nikmat. Kue talam ini bisa ditemukan di pulau Panggang. Bila Anda sedang mencari kuliner khas ikan selain puk cue, kue talam bisa menjadi solusinya!

Karena kue talam termasuk salah satu kuliner unik di kepulauan seribu, tepatnya di pulau Panggang. Kue talam ini berasal dari tepung beras sehingga teksturnya seperti agar-agar. Yaitu kenyal. Setelah dimasak, bagian atasnya ditambahkan taburan ikan cincang yang membuat cita rasanya semakin unik dan tidak membosankan.

Kue talam ini paling nikmat disantap bersama orang-orang tersayang di pagi, siang, sore, dan malam hari. Anda dapat menemukannya dengan mudah di kepulauan Seribu. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau. Yaitu Rp 1.000, – sampai Rp 2.000, – saja sehingga tidak akan menguras kantong Anda!

Sate Gepuk dari Ikan Tongkol

Suka dengan daging ikan tongkol? Anda harus mencoba sajian kuliner yang satu ini. Karena kuliner ini akan mengajak Anda untuk menyantap ikan tongkol dengan cara yang berbeda. Yaitu dibuat sate gepuk atau odol. Anda tidak perlu repot memisahkan duri dan daging ikannya lagi.

Karena pada sate gepuk ini nanti dagingnya sudah dipisah dari kulit, selanjutnya dicampurkan dengan kelapa parut. Sehingga makanan ini menjadi sajian kuliner unik di kepulauan seribu yang patut dicoba. Karena di sinilah nantinya akan disajikan tambahan bumbu hingga pada akhirnya sate dibakar dan bisa disantap.

Beberapa orang sering memasukkan campuran dagingnya dengan bumbu dan kelapa parut pada kulit ikan tongkol yang sengaja dilepas. Namun ada yang cara pengolahannya dibungkus dengan daun pisang. Sehingga tampilannya menjadi lebih unik dan tidak bisa ditolak oleh lidah siapapun. Kombinasi rasanya ada asin, manis, dan gurih menjadi satu sehingga dijamin ketagihan.

Sambal Beranyut

Siapa yang tidak suka sambal? Bahkan sambal telah menjadi salah satu sajian kuliner unik di kepulauan seribu yang wajib dicoba! Sambal adalah pelengkap makanan khas Indonesia yang pasti dimiliki oleh semua tempat. Bahkan hampir seluruh pelosok pasti punya sambal favorit olahan khas desa mereka.

Beberapa di antaranya ada yang menyajikan dengan cita rasa pedas tidak sama. Sehingga hal inilah yang menjadikan setiap tempat pasti punya ciri khas sambal berbeda. Begitu juga untuk sambal beranyut ini. Sambal beranyut berasal dari garam, perasan jeruk limau, dan cabai.

Rasanya belum lengkap menyantap ikan bakar khas kepulauan Seribu jika tidak bersama sambal beranyut ini. Karena memang dilihat dari manapun terasa menggoda selera. Maka dari itulah tak heran bila dengan namanya yang unik dan cita rasanya berhasil membuat sajian kuliner unik di kepulauan seribu ini sangat menonjol dikalangan para wisatawan.

Comments are closed.

error: mohon maaaf untuk tidak copy ya