keindahan Pulau Bokor
Keindahan Pulau Bokor yang Bisa Menghilangkan Stres
Desember 22, 2021
Show all

Wisata Pulau Perak di Kepulauan Seribu untuk Camping Ria

Wisata Pulau Perak

Berlibur ke wisata Pulau Perak, hal ini banyak dilakukan oleh para traveler saat musim liburan telah tiba. Bagi para pecinta alam dan gemar camping, disini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan camping.

Sudah tersedia layanan camping yang mempermudah para pengunjung. Adapun kemah merupakan salah satu kegiatan alam yang membutuhkan persiapan cukup matang.

Terlebih lagi jika Anda berada jauh dari rumah, tentu membutuhkan peralatan yang lengkap dan juga penting. Maka dari itu, sebelum camping disini ada baiknya Anda mempersiapkan semuanya dengan baik.

Mengenal Tentang Wisata Pulau Perak

pulau perak jakartaJika Anda bepergian ke Kepulauan Seribu dengan Pulau Harapan sebagai tujuan utama Anda, nama Pulau Perak akan ada di daftar tujuan wisata Anda. Jika Anda mencoba mencari lokasinya menggunakan Google Maps, jangan berharap dapat menemukannya.

Pulau Perak merupakan salah satu diantara 3 pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Pulau Harapan. Kawasan ini memiliki luas sekitar 3,06 hektar, dimana kondisinya tidak berpenghuni dan kerap ditetapkan sebagai area rekreasi atau wisata.

Adapun satu-satunya penduduk tetap di daerah ini adalah penjaga keamanan yang menjual makanan dan minuman. Dari pesisir Pulau Perak menampilkan pemandangan langsung ke dasar laut dengan pantai berpasir putih dan bebatuan karang yang menyebar.

Airnya sangat jernih sehingga ikan atau karang di dasarnya dapat dilihat langsung dari permukaan tanpa perlu menyelam. Tentunya, anak-anak akan senang bermain dengan pasir putih di tepi laut dangkal ini.

Perlu diketahui bahwa tidak ada tiket maupun biaya untuk memasuki wilayah ini, kecuali biaya dan tambatan maupun sandar perahu di dermaga yaitu Rp 25 ribu per perahu.

Pulau untuk Tamasya dan Bersantai Ria

wisata pulau perak murahDi antara padatnya jadwal dan aktivitas perjalanan Anda ke Harapan, wisata Pulau Perak selalu berada di daftar teratas yang wajib dikunjungi. Mereka biasanya berlabuh di Perak pada sore hari setelah menjelajahi keindahan panorama bawah laut di beberapa spot snorkeling atau mengunjungi beberapa pulau lainnya.

Secara umum, para pelancong dapat memuaskan rasa lapar dan dahaga mereka serta menghabiskan energi mereka di bawah terik matahari. Anda bisa memesan makanan ringan atau basahi tenggorokan Anda dengan minuman segar seperti air kelapa segar.

Pulau Perak rimbun dengan pepohonan besar yang rindang, di mana Anda bisa bersantai di kursi bambu yang didesain khusus untuk berbaring atau rebahan. Disana, Anda juga bisa bermain bola plastik di pantai atau sekedar berayun dan mengambil dokumentasi liburan.

Snorkeling, Diving, dan Camping

Selain snorkeling dan diving, camping di pulau ini juga seringkali digandrungi oleh anak muda yang menyukai kegiatan outdoor. Nama Pulau Perak menonjol di kalangan wisatawan sebagai pulau untuk berkemah.

Tidak ada tenda atau perlengkapan camping di wisata Pulau Perak, jadi semua perlengkapan camping harus disiapkan dari rumah. Perlu diketahui untuk berkemah di pulau ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per orang untuk penyediaan lahan tenda dan kebersihan kawasan.

Persiapan Kemah di Pulau Perak

Segera setelah Anda mengetahui banyak keindahan yang sudah ada di pulau ini, maka tinggal berangkat saja kemari. Namun, tentu saja, Anda perlu tahu apa yang harus disiapkan khususnya untuk kemah terutama peralatan pribadi.

Misalnya pakaian, serta lebih baik membawa cukup banyak peralatan. Hal ini karena kondisi disini bisa sangat dingin di malam hari. Jika tas Anda masih cukup ruang, mala disarankan untuk membawa selimut agar tetap hangat.

Anda juga dapat memesan tenda nantinya saat mengunjungi wisata Pulau Perak. Jadi Anda bisa menanyakan hal ini kepada penduduk setempat. Jika perlu, Anda bisa mendapatkan bantuan untuk membangun tenda agar tidak membuang energi.

Tetapi jika Anda ingin membangun kemah sendiri, carilah tempat yang layak. Jangan terlalu dekat dengan air karena Kawasan ini adalah area pantai. Bukan hanya itu, hindari juga untuk berada di dekat pohon karena sering terdapat semut.

Adapun dengan memilih area yang cukup luas adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan kering. Jika ada banyak cabang atau tanah yang tersisa, Anda bisa mengupasnya. Anda dapat membuat tenda untuk perkemahan Anda.

Pastikan juga untuk memilih jenis tenda yang baik saat mengunjungi tempat ini. Hal ini terutama disebabkan oleh angin kencang yang sering terjadi di daerah tersebut. Karena itu, lebih baik menggunakan tenda kecil.

Tujuan utamanya agar angin tidak terlalu kencang. Dengan menggunakan tenda berukuran kecil atau sedang dapat bertahan sangat lama hingga pagi hari. Namun, masih perlu memperhatikan bahannya agar tetap bagus dan suhunya bisa dinaikkan.

Harap membawa sleeping bag Anda sendiri untuk tidur yang lebih nyaman. Juga, gunakan lilin untuk membawa lampu berkelap-kelip atau jika Anda menginginkan suasana romantis, namun dilarang untuk menyalakan api.

Selain itu, tur wisata Pulau Perak sangat bagus untuk subjek fotografi. Karena Anda bersama teman-teman Anda, Anda dapat saling meminta bantuan untuk mengambil gambar. Jika ingin berfoto bersama, Anda bisa memanggang staf atau pengunjung lain.

Kegiatan seperti memasak direkomendasikan saat berkemah. Tujuannya adalah untuk saling menjaga dan ada pendekatan antar sesama. Jangan khawatir, cukup untuk membuat ramen atau snack saja.

Keunggulan dari Pesona Alam yang Menakjubkan

Berkemah tidak akan menyenangkan jika lanskapnya adalah hutan. Jadi di sini Anda akan menemukan sensasi yang berbeda dari sebelumnya. Berikut ini beberapa keunggulan dan kelebihan dari pesona alam wisata Pulau Perak, diantaranya yaitu:

Panorama Laut yang Eksotis

Keunggulan lain dari pulau ini adalah panorama lautnya yang cukup berbeda karena merupakan tempat berkemah. Tempat yang membuat pikiran Anda tenang hanya dengan melihatnya, sehingga tidak perlu datang ke tempat mahal hanya untuk sekedar healing.

Jika Anda bekerja atau memiliki banyak pekerjaan setiap hari, Anda pasti akan Bahagia jika refreshing disini. Apalagi jika berkemah bersama pasangan atau anggota keluarga. Itu bisa lebih bermakna karena membawa Anda lebih dekat dengan orang-orang di sekitar Anda.

Keindahan Sunset dan Sunrise

Perjalanan ke Pulau Perak tidak lengkap jika Anda tidak menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit. Bahkan, ini adalah hal unik yang bisa Anda temukan. Terutama terkait pemasangan tenda dan dekat dengan laut.

Sunset itu sendiri adalah momen indah yang sangat dinanti usai berenang. Kemudian mandi dan makan snack sambil ngobrol. Pastinya suasana seperti inilah yang didambakan banyak orang sembari menikmati keindahan sunset.

Sementara itu, Anda bisa menunggu matahari terbit, tetapi jangan lupa istirahat terlebih dahulu. Namun, masih ada banyak orang yang berkemah sambil mengobrol untuk mengantisipasi matahari terbit.

Pepohonan yang Lebat

Anda dapat melihat representasi visual lain dari Jakarta dengan berkunjung ke wisata Pulau Perak. Apalagi jika Anda seorang pekerja kantoran atau melihat gedung besar setiap hari. Ini menyegarkan pikiran dan mata.

Ada juga beberapa kursi yang dapat digunakan pengunjung. Anda dapat menikmati kopi atau menikmati makanan ringan yang lezat. Anda juga bisa bermain lempar bola atau sekedar berlari-lari kecil asalkan tetap aman.

Pembahasan mengenai wisata Pulau Perak di atas, diharapkan dapat menjadi referensi destinasi liburan yang menyenangkan bagi Anda di akhir pekan bersama sahabat dan keluarga.

 

Comments are closed.