wisata pulau seribu
Aktivitas Wisata Pulau Seribu yang Seru dan Terjangkau
Desember 20, 2021
keindahan Pulau Bokor
Keindahan Pulau Bokor yang Bisa Menghilangkan Stres
Desember 22, 2021
Show all

Fakta Sejarah Kepulauan Seribu dan Pesona Wisatanya

Sejarah Kepulauan Seribu

Ada banyak fakta sejarah Kepulauan Seribu yang sangat menarik untuk Anda simak melalui tulisan ini. Nantinya juga akan kami jelaskan mengenai pesona wisata dan daya tarik liburan di Pulau Seribu.

Kepulauan Seribu sendiri sebenarnya sudah sejak lama menjadi destinasi atau kawasan wisata. Namun baru dalam beberapa waktu terakhir, destinasi ini banyak dikunjungi karena juga mulai dicanangkan dalam program “Bali Baru”.

“Bali Baru” adalah program pengembangan wisata baru yang dilakukan pemerintah pusat Indonesia. Karena termasuk ke dalam program tersebut, maka sekarang destinasi ini berkembang pesat, terutama untuk kelengkapan fasilitasnya.

Dibalik keindahan dan pesona alamnya, ada banyak fakta sejarah menarik terkait dengan gugusan kepulauan satu ini. Anda yang suka dengan sejarah, akan mendapat banyak informasi seru ketika berlibur ke sana.

Beberapa fakta sejarah bahkan sejak zaman penjajahan Belanda masih tertinggal di kawasan Kepulauan Seribu. Ada banyak juga situs serta peninggalan sejarah yang sudah dikelola sebagai tempat wisata menarik untuk liburan.

Memang sangat menarik untuk membahas sejarah Kepulauan Seribu melalui tulisan ini. Selain itu, akan kami sampaikan juga beberapa pesona wisata yang bisa jadi referensi liburan seru dan tidak terlupakan.

Beberapa wahana wisata bahari juga dapat dengan mudah Anda temukan di kawasan ini. Terkait dengan fakta sejarah dan destinasi liburan seru, bisa Anda pelajari melalui beberapa penjelasan di bawah ini.

Sejarah Kepulauan Seribu dari Awal Mula Terbentuknya

Pasti beberapa dari Anda masih belum paham seperti apa sejarah terbentuknya Kepulauan Seribu ini. Beberapa fakta menarik seputar terbentuk, pendudukan Belanda hingga jadi tempat wisata, kali ini akan kami jelaskan.

Terbentuknya sebuah kepulauan sangat dipengaruhi oleh keberadaan binatang karang yang berkoloni. Koloni binatang dengan ukuran sangat kecil ini kemudahan membentuk terumbu karang dan kemudian memunculkan daratan dan akan memunculkan kehidupan.

Hal serupa terjadi pada Kepulauan Seribu sehingga terbentuklah banyak pulau dengan keindahan seperti sekarang. Tentu Kepulauan semacam ini tidak terbentuk dalam waktu singkat namun selama ratusan ribu tahun lamanya.

Sejarah Kepulauan Seribu juga demikian dan lokasinya yang jauh dari peradaban membuat kondisinya masih alami. Pertama kali Kepulauan ini dijaman oleh peradaban manusia terjadi pada kisaran abad ke 15.

Saat ini justru Bangsa Portugis yang pertama kali menginjakkan kaki di Kepulauan Seribu. Namun pada masa pendudukan Belanda, barulah gugusan pulai ini digunakan untuk pertahanan dan dibuktikannya dengan adanya benteng.

Terkait dengan sejarah dan jejak peninggalan Belanda di Pulau Seribu, bisa Anda simak pada bagian berikutnya. Nantinya juga banyak rekomendasi wisata seru yang berkaitan dengan Sejarah Pulau Seribu tersebut.

baca : Aktivitas Wisata Pulau Seribu yang Seru dan Terjangkau

Sejarah Kepulauan Seribu Pada Zaman Belanda

Peninggalan sejarah pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, ternyata juga banyak terdapat di Pulau Seribu. Pada awalnya, beberapa pulau didirikan benteng oleh Belanda untuk menjadi salah satu pertahanan lain.

Peninggalan bangunan benteng tersebut masih bisa Anda saksikan secara langsung saat ini. Tepatnya ada 3 lokasi yang dulunya dijadikan sebagai benteng yaitu di Pulau Onrust, Bidadari dan Pulau Kelor.

Setelah dijadikan sebagai benteng pertahanan laut, kemudian Belanda menjadikannya sebagai gudang penyimpanan senjata atau lebih tepatnya museum. Selain itu, salah satu lokasi juga dijadikan sebagai pusat perdagangan rempah oleh VOC.

Pada masa penjajahan Belanda sendiri, memang Kepulauan ini memang belum difungsikan sebagai destinasi wisata. Pada Pulau Kelor misalnya, Anda bisa melihat sisa bangunan benteng yang kala itu bernama Benteng Martelo.

Bukti sejarah Kepulauan Seribu terkait dengan peninggalan Belanda juga banyak terdapat di Pulau Onrust. Dalam bahasa Belanda Sendiri, Onrus berarti tidak pernah istirahat karena, di sanalah dijadikan sebagai pusat perdagangan.

Bangunan gudang penyimpanan rempah rempah, dulunya ditempatkan Belanda di Pulau Onrust ini. Onrust memang terletak di lokasi yang strategis sehingga Belanda juga membangun galangan kapan di sana.

Ada juga beberapa kompleks pemakaman bersejarah di Kepulauan Seribu. Selain pemakaman Belanda, makam pemimpin Kesultanan Banten yaitu Sultan Mahmud Zakaria juga bisa Anda temukan di kawasan Kepulauan Seribu.

Banyaknya peninggalan penting semacam ini menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Kepulauan Seribu dari masa ke masa. Anda para pencinta sejarah, sekarang juga bisa berkunjung dengan mudah ke sana.

Destinasi Terbaik Wisata Sejarah Kepulauan Seribu

Beberapa rekomendasi tempat terbaik juga akan kami rekomendasikan pada kesempatan kali ini. Nantinya, selain sejarah dari Kepulauan Seribu, Anda akan memiliki berbagai macam alternatif untuk liburan seru di destinasi ini.

Langsung saja, rekomendasi pertama dan terbaik untuk Anda kunjungi adalah Pulau Tidung. Adanya jembatan kayu yang terkenal dengan nama jembatan cinta, adalah salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Rasanya juga kurang lengkap berlibur ke Kepulauan Seribu jika belum mengunjungi Pulau Tidung. Tidak heran jika ini adalah salah satu lokasi yang paling banyak didatangi wisatawan dari berbagai macam daerah.

Jumlah wisatawan yang banyak, juga kerap terdapat di Pulau Pramuka. Di sana terdapat juga salah satu daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah lokasi penangkaran penyu yang dibuka untuk para wisatawan.

Wisata bahari masih menjadi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pulau Pramuka. Baik sekedar memancing, berenang atau bahkan snorkeling, semua dapat dengan mudah Anda akses di Pulau satu ini.

Terdapat juga beberapa resort dan penginapan yang bisa menjadi tempat menginap Anda selama liburan. Beberapa resort bahkan sudah terkenal dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan termasuk untuk Anda.

baca juga : Trip Pulau Semut di Kepulauan Seribu, Cocok untuk Camping

Keindahan dan Pesona Wisata Kepulauan Seribu

Tidak sekedar memiliki cerita panjang dan fakta sejarah menarik saja, saat ini Kepulauan Seribu memiliki daya tarik wisata tersendiri. Berbagai macam wisata alam termasuk wisata bahari, dapat dengan mudah diakses.

Mulai dari menikmati keindahan setiap Pulau dengan program Island Hopping, atau bersenang senang dengan wahana banan boat. Semua kegiatan seru tersebut sekarang bisa Anda nikmati hanya dengan mengunjungi Pulau Seribu.

Keindahan gugusan pulau sangatlah menarik termasuk beberapa rekomendasi pantai dengan pasir putihnya yang menawan. Beberapa resort juga siap menjadi tempat menginap Anda dan pastinya dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap.

Ingin berwisata mewah ataupun murah meriah, semua juga tersedia jika Anda berlibur di Pulau Seribu. Banyak penginapan dengan rate beragam sehingga wisatawan dapat memilih sesuai dengan budget liburan masing masing.

Jadi, tidak hanya wisata sejarah Kepulauan Seribu saja yang menarik untuk dikunjungi, karena ada banyak daya tarik lain. menjelajahi hutan manggrove hingga melihat elang bondol juga bisa jadi keseruan tersendiri.

Berbagai macam kegiatan seru dan menarik seperti tadi, semakin mudah Anda dapatkan sekarang. Karena sekarang ini sudah ada banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket liburan ke sana.

Salah satu agen dengan kredibilitas dan pelayanan terbaik adalah Pulau Seribu travelling. Beragam paket wisata juga bisa ada pilih termasuk wisata sejarah, wahana banana boat hingga kegiatan BBQ, semua tersedia.

Karena seru dan terjangkau, Anda tidak perlu ragu untuk berlibur di Kepulauan Seribu. Baik untuk melakukan wisata sejarah Kepulauan Seribu atau sekedar bersenang senang, beragam paket perjalanan sudah disediakan.

Comments are closed.