Keindahan Pulau Ayer dan Menariknya Aktivitas Wisata Disana

menikah di Pulau Seribu
Ide Menikah di Pulau Seribu, Momen Terbaik Seumur Hidup!
Agustus 13, 2021
Show all

Keindahan Pulau Ayer dan Menariknya Aktivitas Wisata Disana

Keindahan Pulau Ayer

Keindahan Pulau Ayer belum banyak diketahui. Namanya sendiri memang kalah populer oleh pantai anyer yang secara penulisan memang mirip. Oleh sebab itu, kebanyakan menganggap bahwa keduanya merupakan lokasi yang sama.

Padahal, dua lokasi ini memiliki jarak yang berjauhan. Ayer berada di Kepulauan Seribu. Ini adalah salah satu gugusan pulau yang berada disana. Julukannya sendiri cukup menarik. Beberapa orang menyebutnya sebagai Mutiara Pulau Seribu.

Nama ini diambil karena keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebenarnya jika berbicara tentang keindahan, Pulau Ayer sudah diakui dari sejak zaman kerajaan. Di masa lalu, ada banyak raja yang sengaja berlibur ke tempat ini.

Bahkan presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno menjadikan pulau ini sebagai salah satu lokasi spesial. Dulu di tahun 1950, tempat ini dijadikan lokasi peristirahatan pribadinya.

Keindahan Pulau Ayer Memang Tiada Tara

Walaupun sudah populer sejak lama, baru sejak orde baru tempat ini dilakukan perombakan besar. Peresmiannya sebagai lokasi wisata dilakukan pada tahun 1988.

Keunikannya memang terbilang luar biasa. Ketika dilakukan pembangunan, konsep budaya papua disematkan pada tempat ini.

Pemandangan

Membahas keindahan Pulau Ayer tidak akan lengkap tanpa mengulas indahnya pemandangan. Sebenarnya dari ukuran, Ayer terbilang sangat kecil.

Luasnya hanya sekitar 30 hektar. Namun di pulau kecil ini, mata seseorang akan sangat dimanjakan. Terdapat banyak pepohonan rindang yang memang dipersiapkan dengan baik. Belum lagi pepohonan itu dipadukan dengan hamparan pasir putih yang nampak bersih.

Ombaknya juga tidak deras. Ketenangan ombak tersebut jelas membuat wisatawan merasa nyaman berada di tempat ini. Dengan keindahan tersebut, tidak perlu melakukan aktivitas rumit ketika berada disini.

Cukup dengan bersantai di pinggiran pantai maka kepala Anda akan terasa segar. Wisatawan yang berasal dari perkotaan sangat cocok berada disini. Kesemrautan kota akan bisa terlupakan selama beberapa saat.

Resort

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pulau Ayer menjadikan budaya papua sebagai konsep utama. Sebenarnya, konsep papua yang diusung adalah budaya suku asmat.

Hal ini juga diterapkan dalam pembangunan resort. Kesan modern tidak sepenuhnya terlihat pada resort yang berada disana. Ini jelas membuat suasana asri menjadi lebih terjaga. Keberadaannya jelas membuat keindahan Pulau Ayer semakin meningkat.

Resortnya sendiri dibangun di atas air. Dengan konsep tersebut, wisatawan hanya perlu membuka jendela untuk bisa melihat indahnya pantai.

Bangunan di daerah itu didominasi oleh kayu hitam dan ukiran-ukiran yang bentuknya sangat unik. Kesan yang ditimbulkan pasti akan terus diingat seumur hidup.

Restoran

Restoran dengan konsep floating juga tersedia dan menambah keindahan Pulau Ayer. Dengan itu, Anda tidak perlu takut kesulitan dalam menemukan kuliner menarik.

Jam bukanya sendiri relatif panjang. Makan disini bisa dilakukan baik pada pagi, siang, maupun malam hari. Sama seperti resort, restorannya sendiri dibangun di atas air. Konsepnya sendiri mengusung konsep terbuka.

Dengan konsep itu, wisatawan bisa makan sambil melihat indahnya pantai. Berbagai menu menarik disajikan di tempat ini. Namun untuk menu andalan, seafood jelas adalah yang paling laris. Beberapa ikan bahkan ditangkap langsung oleh nelayan setempat.

Ini jelas membuat kesegaran kulinernya tidak perlu dipertanyakan. Melakukan makan malam romantis adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Taman Bermain

Datang kemari dengan membawa buah hati bukanlah pilihan buruk. Dijamin anak Anda tidak akan rewel ketika menikmati keindahan Pulau Ayer.

Pengelola sudah menyediakan taman bermain anak. Wahana yang bisa dicoba sendiri cukup banyak. Beberapa bahkan menggunakan konsep outbound sehingga adrenalin anak akan terpacu. Letak taman bermain ini tidak berada di dalam ruangan.

Dengan kondisi tersebut, kesegarannya akan semakin terjaga. Belum lagi pepohonan yang memang tumbuh bebas di sekitar taman bermain. Karena kesejukan yang dihasilkannya, rasa lelah tidak akan terasa. Ketika berada disini, anak dipastikan akan melupakan gadget.

Ini jelas menjadi pilihan tepat untuk Anda yang merasakan ada ketergantungan anak terhadap gadget. Ini bisa menjadi salah satu upaya awal untuk melepaskannya.

baca : Mendekatkan Kehangatan Keluarga Dengan Fasilitas Pulau Ayer

Bersepeda

Untuk menikmati keindahan Pulau Ayer, terdapat berbagai media yang bisa dipilih. medianya sendiri seperti sampan, berjalan kaki, hingga menggunakan speedboat.

Namun jika ingin yang sedikit berbeda, sepeda juga bisa digunakan. Sudah ada penyewaan sepeda yang tersedia di tempat ini.

Jumlahnya sendiri cukup banyak sehingga Anda tidak akan kehabisan. Selain menghilangkan stres dengan menikmati keindahan alam, bersepeda juga menjadi olahraga terbaik yang bisa dilakukan.

Ini membuat suasana liburan tetap diisi oleh hal yang bermanfaat. Namun ketika bersepeda, pastikan hanya melewati trek yang memang diperbolehkan.

Itu karena, beberapa tempat tidak memperbolehkan sepeda untuk masuk. Akan berbahaya jika sampai masuk ke tempat yang dilarang.

Pastikan untuk Bersiap Ketika Akan Berlibur ke Pulau Ayer

Ketika akan menikmati keindahan Pulau Ayer, pastikan untuk mempersiapkan berbagai hal dengan sebaik mungkin. Ini bisa dikatakan sangat penting.

Itu karena liburan menyenangkan tidak akan didapat apabila persiapan ini tidak dilakukan dengan baik. Berikut beberapa persiapan yang paling vital.

Uang

Persiapan pertama adalah uang. Tidak mungkin untuk berkunjung kemari jika uang tidak dimiliki. Terdapat beberapa biaya yang pasti perlu dikeluarkan baik untuk biaya masuk, akomodasi, makanan, hingga olahraga.

Selalu ingat juga bahwa tidak ada fasilitas ATM di ayer. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu membawa uang cash.

baca juga : Sejarah dan Fakta Pulau Ayer Yang Tidak Banyak Diketahui

Waktu

Mempersiapkan waktu juga penting ketika akan menikmati keindahan Pulau Ayer. Bukan keputusan tepat apabila datang kemari dengan hanya waktu liburan satu atau dua hari.

Liburan pasti akan terasa kurang karena ada banyak tempat lain yang belum dikunjungi. Seminimal mungkin, dibutuhkan waktu 4 hari untuk bisa puas di tempat ini.

Waktu yang lebih banyak lagi dibutuhkan apabila Anda berasal dari luat kota. Itu karena, perjalanan kesini pasti memakan waktu cukup banyak.

Dilarang Diving

Ketika liburan ke pantai, beberapa orang menjadikan snorkeling dan diving sebagai aktivitas utama. Ini sebenarnya merupakan hal wajar.

Namun ketika menikmati keindahan Pulau Ayer, aktivitas ini tidak bisa dilakukan. Anda perlu pergi ke titik lain jika ingin menikmati olahraga ini.

Jika melihat dari biota laut, ayer memang sangat indah. Larangan diving ini dilakukan untuk menghindari masuknya limbah ke dalam pantai.

Perlengkapan Pribadi

Pastikan untuk mempersiapkan seluruh perlengkapan pribadi dengan sebaik mungkin. Walaupun fasilitas disini cukup lengkap, akan menjadi pengalaman kurang menyenangkan apabila terdapat benda penting yang tidak dibawa.

Hal paling vital dan perlu dipersiapkan adalah obat-obatan pribadi. Sering terdapat masalah dimana wisatawan lupa untuk membawanya.

Sangat berbahaya apabila klinik disana tidak menyediakan obat tersebut. Oleh sebab itu, jadikan persiapan obat menjadi prioritas utama ketika akan berangkat.

Jika ingin liburan dengan lebih nyaman, gunakan saja jasa kami. Kami dari Pulau Seribu Traveling memiliki banyak paket yang bisa dipilih.

Kami juga sudah eksis di bidang ini dalam waktu lama. Oleh sebab itu, Anda pasti puas ketika menggunakan jasa kami saat hendak menikmati keindahan Pulau Ayer.

Comments are closed.