Pulau Tidung Sebagai Objek Wisata Favorit

Sensasi Berbeda Liburan Keluarga di Pulau Pramuka
December 29, 2015
Pulau Pramuka : Surga Tersembunyi Area Jakarta
December 29, 2015
Show all

Pulau Tidung Sebagai Objek Wisata Favorit

Jika sekarang bertanya kepada siapa pun, maka hampir semua orang tahu dimana Pulau Tidung berada dan apa sebenarnya pulau tidung itu. Pulau ini adalah sebuah kelurahan yang ada di kepulauan seribu dimana kelurahan ini terbagi atas dua bagian pulau berbeda yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil yang wilayahnya berkembang menjadi sebuah area wisata bahari yang menyenangkan dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke pulau serta menikmati berbagai fasilitas atau panorama yang ada seperti melakukan diving, snorkeling, dan melakukan penelitian terhadap terumbu karang yang tumbuh di sekitar pulau dan di sepanjang kepulauan.

 

Destinasi Wisata Pulau Tidung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pulau Tidung terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Bear dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang terkenal yaitu jembatan cinta yang penuh dengan mitos seru di dalamnya. Panjang dari jembatan ini lumayan panjang dan bisa menjadi sebuah spot terbaik untuk mengambil foto indah matahari terbit dan terbenam. Mengenai mitos dari jembatan cinta ada yang mengatakan bahwa jika ada pasangan yang berjalan bersama melewati jembatan tersebut maka cinta mereka akan terus tumbuh dan langgeng selamanya. Sedangkan untuk yang masih sendiri bisa sesegera mungkin mendapatkan jodoh.

Jembatan-cinta-pulau-tidung-kepulauan-seribuDi Pulau Tidung ada perkampungan dan penduduk yang ramah. Mereka membuka warung yang menyediakan berbagai jenis makanan juga minuman. Ada juga jalan setapak yang cukup panjang untuk dijadikan sebagai tempat berjalan jalan menelusuri pulau. Fasilitas lainnya yang ada di pulau adalah kantor polisi, seklah, warung, jembatang, rumah ibadah, home stay dan lain lain yang akan mempermudah para wisatawan untuk berkunjung ke pulau tanpa harus merasa bosan dan sebal akibat fasilitas yang tidak dipenuhi dengan baik. Dan perlu diketahui, jarak antara pulau ini dengan Muara Angke adalah sekitar 3 jam perjalanan.

Jika Pulau Tidung besar memiliki penghuni atau penduduk, maka pulau yang kecil tidak ditemukan penduduk karena menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan terlebih dahulu menyebrangi pulau besar menggunakan jembatan cinta yang cukup tinggi dimana di bawahnya ada cekungan laut yang cukup dalam. Jika beruntung, maka seringkali ada beberapa anak kecil penduduk pulau yang memperagakan loncat indah dari jembatan ke laut sebagai sarana untuk bermain juga hiburan untuk para wisatawan yang sedang melihat mereka. Anak anak akan melompat dari jembatan ke dalam laut yang biru tanpa ombak.

pantai-pulau-tidung-besarDi Pulau tidung yang kecil ada budi daya mangrove sebagai salah satu usaha untuk melestarikan keindahan pulau dan menjadikan pulau tetap bertahan dari abrasi pantai. Di hutan mangrove tersebut akan ditemukan banyak sekali keanekaragaman hayati karena hutan mangrove menjadi rumah untuk berbagai jenis ekosistem lain seperti ikan ikan dan berbagai jenis burung serta binatang amfibi. Jika tidak mau berjalan kaki menyusuri pulau maka tidak ada salahnya untuk menggunakan sepeda dan menyusuri jalan setapak di dua pulau yang sudah disediakan sebagai fasilitas untuk para wisatawan.

Kebanyakan dari jalan setapak yang ada di pulau tidung kecil dipenuhi dengan rumput ilalang dan sepi sekali karena memang tidak ada penghuninya. Pasirnya berwarna putih dan terasa lembut ketika diinjak. Pemandangan dari Pulau Tidung kecil amatlah indah. Akan ditemui berbagai jenis spot indah dari pulau lain juga terumbu karang di sekitar pantai yang akan memberikan pengalaman yang menyenangkan menghabiskan waktu di pulau ketika liburan telah tiba, apalagi jika menikmati liburan bersama dengan keluarga dan orang orang terkasih.

Comments are closed.