Paket Wisata Pulau Pari

Pulau Pari adalah pulau yang ada di kepulauan seribu yang sekarang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Maka dari itu, agen travel pun menyediakan berbagai jenis paket wisata menuju pulau pari yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Paket wisata tersebut sudah dilengkapi dengan akomodasi yang berkelas dengan pelayanan yang professional. Harga dari paket wisata yang ditawarkan akan menentukan akomodasi yang nantinya akan diperoleh pada setiap wisatawan, dan pihak travel pun akan memberikan inovasi terbaru yang berbeda untuk memberikan pengalaman yang tidak sama dan tidak didapatkan di tempat yang lain.

Pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Pari

Bila selama ini Kepulauan Seribu bagi Anda dan banyak orang lainnya hanyalah Pulau Tidung, Anda tak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa kawasan tersebut menyimpan potensi wisata yang besar dengan deretan pulau-pulau cantik nan eksotis lainnya dan bisa menjadi alternatif tujuan wisata  pantai yang dekat dengan ibukota. Salah satunya adalah Pulau Pari yang berada di bagian tengah dari gugusan kepulauan mungil yang berjajar dari selatan ke utara perairan Jakarta. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Pulau Pari

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke pulau wisata ini Anda akan disambut pemandangan pasir putih nan lembut serta perairan yang jernih serta arus yang ramah. Obyek wisata yang belum banyak dijelajahi ini selama beberapa tahun terakhir ini semakin banyak diminati pelancong lokal atau pun mancanegara.  Untuk mencapai pulau ini Anda harus menumpang kapal feri selama sekitar 1 hingga 1.5 jam dari Pelabuhan Kaliadem atau Dermaga Marina Ancol.wisata pulau pariDeretan pulau lainnya yang dekat dengan Pulau Pari adalah Pulau Pramuka, Tidung, Rambut, Lancang, serta Pulau Tikus. Dari beberapa pulau tersebut untuk mencapai pulau wisata Pari cukup ditempuh dalam waktu setengah jam. Saat ini karena popularitasnya Pari menjadi salah satu persinggahan angkutan kapal penyebrangan milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menyediakan rute Muara Angke – Kepulauan Seribu. Layanan tersebut terlebih dahulu tersedia pada pulau-pulau wisata lain yang  lebih dahulu terkenal, seperti Pulau Putri, Kotok, Ayer, Tidung, dan  Bidadari.

Pulau Pari Kepulauan Seribu yang  cantik dan eksotis

Walaupun termasuk obyek wisata baru, tetapi faktanya pulau berbentuk ikan pari bila dilihat dari ketinggian ini mempunyai potensi kecantikan alam yang sangat indah. 3 obyek wisata yang menjadi icon wisata di  pulau tersebut adalah Pantai Pasir Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Seluruh obyek wisata tersebut dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dengan pendapatan dari sector wisata tersebut digunakan untuk menunjang fasilitas wisata, perawatan, kebersihan, pembangunan infrastruktur, dan aktivitas social masyarakat.

travel pulau pariTak hanya sekedar berenang atau bermain air di sekitar pantai, pulau wisata ini menawarkan aktivitas liburan yang cukup beragam. Snorkeling adalah salah satunya, mengingat  beberapa titik di perairan pulau ini merupakan spot panorama pemandangan bawah laut yang indah. Terumbu-terumbu karang pada spot ini masih sangat terjaga kealamiannya dan sangat minim kerusakan akibat ulah manusia karena kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan sangat tinggi.

Bila Anda tinggal lebih lama untuk berlibur di pulau ini, jangan lewatkan aktivitas seru bersepeda mengelilingi pulau atau menuju Pantai Pasir Perawan. Jangan khawatir tersesat karena hanya ada sebuah jalan utama yang menghubungkan keseluruhan pulau dari ujung ke ujung. Bersepeda ke pantai juga sangat seru bila Anda lebih suka mengabadikan momen matahari terbenam yang cantik menjelang senja.

Perlu diketahui bahwa Pasir Perawan pernah mendapat predikat sebagai salah satu pantai terbersih di kawasan Kepulauan Seribu. Pengunjung benar-benar dilarang untuk membuang sampah sembarangan di pantai seluas 10 km ini. Dan bila tetap nekat ada petugas yang bersiap menegur dan memberi sangsi. Inilah alasannya obyek wisata Pulau Pari sangat cocok bagi Anda yang menginginkan menghabiskan waktu untuk berwisata alam di tempat yang tenang, alami, dan bersih.

Di antara deretan pulau wisata kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Pari semakin banyak diminati akhir-akhir ini baik oleh wisatawan lokal hingga turis mancanegara. Pemerintah memang mengupayakan untuk mengembangkan potensi wisata kawasan tersebut dengan melibatkan masyarakat setempat. Ini sebagaimana kondisi di pulau wisata Pari dengan masyarakat lokal sebagai pengelolanya secara swadaya.

Wisata Pulau Pari

Tak hanya disuguhi oleh panorama pantai dengan pasirnya yang putih serta perairannya yang jernih, pengelola juga menyediakan paket bersepeda mengelilingi perkampungan bagi pengunjung untuk melihat dari dekat aktivitas penduduk lokal. Anda bisa melintasi jalan utama yang tidak dilewati kendaraan bermotor untuk bersepeda. Selain itu ada pula paket snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan pemandangan laut dengan terumbu karang yang terbentuk alami serta ikan berwarna-warni.

trip pulau pariUntuk atraksi wisata tersebut pengunjung terlebih dahulu akan dibawa dengan perahu menuju spot diving yang berada di sekitar Pulau Tikus. Untuk paket snorkeling ini pengelola sekaligus menyediakan peralatan snorkeling, perahu penyebrangan, serta pemandu. Pengunjung juga bisa mendapatkan foto di bawah air saat snorkeling untuk diunggah ke akun social media.

Untuk persewaan peralatan kisaran harga yang ditetapkan oleh pengelola obyek wisata ini hampir sama dengan pulau-pulau wisata lainnya di kawasan Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Sifat gotong royong adalah karakter khas masyarakat pulau wisata Pari ini dalam mengelola potensi wisata. Misalnya ada warga yang bertugas menyewakan sepeda, sampan, peralatan snorkeling, membuka warung makan, dan lain-lain.

Obyek wisata Pulau Pari

Tujuan wisata Pulau Pari yang tak boleh terlewatkan adalah:
  • Pantai Pasir Perawan – Pantai seluas 10 km ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk menghahiskan liburan. Selain bermain air atau mencoba wahana water sport, Anda juga bisa bersantai di saung-saung yang banyak disediakan oleh pengelola untuk tempat bersantai. Akan lebih asyik bila menikmati pemandangan pantai sambil menikmati segelas minuman ringan atau es kelapa muda di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Pantai ini mempunyai julukan sebagai pantai terbersih sehingga pengunjung pun diharapkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • Pantai Pesisir Kresek – Pantai ini terletak tak jauh dari Pasir Perawan dan menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya.
  • Dermaga Bukit Matahari – Spot tersebut sangat difavoritkan untuk menantikan momen matahari terbit dan terbenam.
  • Wisata edukasi pulau wisata Pari meliputi kolam berisi biota laut yang dibangun oleh pengelola tak jauh dari pantai. Di sini para pengunjung bisa melihat dari dekat satwa laut yang jarang ditemui dalam keseharian. Selain itu Anda juga bisa menjelajahi kawasan budidaya hutan mangrove di pulau wisata tersebut. Fungsi utama hutan mangrove selain sebagai obyek wisata sebenarnya adalah untuk mencegah abrasi pantai.

Untuk berwisata ke Pulau Pari Anda bisa bepergian ala backpacker atau liburan mandiri dengan menyiapkan sendiri berbagai hal yang Anda butuhkan seperti tranportas, akomodasi, dan aktivitas wisata yang ingin Anda lakukan. Tapi bila tak ingin repot, Anda bisa mengikuti tour yang diselenggarakan oleh penyedia jasa tour and travel. Beberapa paket yang bisa dipilih adalah, paket wisata sehari, paket dua hari satu malam, dan paket tiga hari dua malam. Selain itu tersedia juga pilihan paket untuk wisata berombongan misalnya pada acara outing atau gathering kantor. Bila merencanakan wisata pada musim liburan sebaiknya lakukan reservasi sejak jauh-jauh hari agar tak kehabisan jatah.

Tidak punya waktu dan dana yang besar bukan alasan untuk menunda keinginan berwisata ke pantai yang sudah lama Anda rencanakan. Bagi masyarakat ibukota, obyek wisata Pulau Pari sangat cocok menjadi tujuan. Apalagi saat ini banyak jasa tour and travel yang menyediakan paket wisata hemat one day trip alias wisata sehari. Selain tarif paketnya lebih murah, dengan durasi yang tak terlalu lama Anda tak perlu khawatir harus meninggalkan tugas harian di kantor atau jadwal masuk kuliah. Jadi, siap berangkat ke pulau wisata Pari akhir pekan ini?

Paket one day trip Pulau Pari

Karena Anda hanya punya waktu terbatas untuk melancong ke pantai, sebaiknya serahkan seluruh urusan yang berhubungan dengan acara liburan Anda kepada penyedia jasa tour and travel. Alasannya, karena mereka lebih berpengalaman. Dengan demikian Anda bisa lebih santai, tak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mengurus transportasi, akomodasi, dan sebagainya, serta terakhir Anda dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman.

Seperti namanya, paket wisata sehari artinya Anda akan berada di Pulau Pari mulai pagi hingga sora hari saja tanpa menginap. Transportasi yang digunakan adalah perahu cepat dari Marina Bay Ancol sehingga peserta wisata ini harus berkumpul di titik tersebut untuk berangkat bersama-sama. Tak perlu khawatir walaupun waktu yang tersedia kurang dari 12 jam, karena para wisatawan dijamin tetap dapat menikmati aktivitas water sport seru serta mengunjungi obyek wisata yang menjadi ikon pulau tersebut.

Paket wisata ODT paling sedikit terdiri dari 2 orang dengan tarif 1 jutaan per orang, tetapi bila ingin semakin menghemat Anda bisa pergi secara berombongan hingga maksimal 10 orang. Dengan peserta sebanyak itu, tiap orangnya cukup membayar tarif paket sebesar 600 ribuan. Selain itu jasa tour and travel juga menyediakan paket wisata sehari untuk wisata kantor, komunitas, atau yang lainnya dengan peserta hingga 200 orang.

Tarif paket wisata sehari Pulau Pari tersebut sudah termasuk, transportasi PP, welcome drink, 1 kali makan siang,  pemandu wisata dan instruktur snorkeling, persewaan sepeda, peralatan snorkeling, kapal untuk membawa ke spot snorkeling, atraksi wisata wahana air banana boat, dokumentasi saat snorkeling (dokumentasi under water), dan harga tiket masuk ke Pantai Pasir Perawan. Sementara biaya transportasi peserta dari lokasi asal ke meeting point, tips untuk pemandu wisata, serta peron dermaga harus ditanggung sendiri.

Paket Pulau Pari 1 hari

Dengan mengambil paket wisata sehari ini Anda bisa mengunjungi Pantai Pasir Perawan, Pantai Kresek, Pantai LIPI, dan Dermaga Bukit Matahari. Susunan jadwal secara umum untuk paket tersebut adalah:

  • Peserta tiba di Marina Bay Ancol pada pagi hari. Perlu diketahui bahwa dermaga tersebut berada di dalam obyek wisata Ancol.
  • Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam peserta tiba di lokasi.
  • Peserta wisata mendapat minuman segar welcome drink.
  • Dengan sepeda yang telah disediakan bersepeda bersama menuju Pantai Pasir Perawan dan pantai LON LIPI.
  • Menjelang siang peserta melakukan aktivitas snorkeling dan bermain water sport banana boat.
  • Membersihkan badan serta makan siang bersama.
  • Bersiap di dermaga Pulau Pari dan masuk ke kapal penyebrangan.
  • Perjalanan kembali ke Jakarta.
Perlu diketahui bahwa jadwal tersebut tak bersifat mutlak, namun tergantung keadaan di lapangan, misalnya faktor cuaca. Kemungkinan perubahan jadwal juga dapat terjadi pada peak season.

Apakah Anda sudah tak sabar untuk pergi liburan tapi waktu kosong yang tersedia hanya di akhir pekan? Jangan khawatir karena di dekat ibukota ada surga tersembunyi, yaitu Pulau Pari yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau dengan luas 43 hektar ini tak hanya berupa destinasi wisata, tetapi juga pemukiman, dan pusat penelitian oceanografi di bawah pengelolaan LIPI. Berikut ulasannya.

Aktivitas wisata seru yang bisa dilakukan di Pulau Pari

Bagi Anda yang berniat untuk melancong ke Pulau Pari dalam waktu dekat ini, berikut ini adalah referensi aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di sana.

Berenang

Pulau wisata Pari ini dikelilingi 3 pantai yang cantik, yaitu pantai Pasir Perawan, LON LIPI, dan pantai Kresek. Di beberapa bagian pantai Pasir Perawan mempunyai perairan yang sangat tenang, bahkan nyaris tanpa ombak sehingga cukup aman bahkan bagi anak-anak. Tetapi bukan berarti mereka bisa dibiarkan tanpa pengawasan.

Snorkeling

Pulau wisata ini mempunyai beberapa spot snorkeling yang indah, yaitu di dekat Pulau Burung, Pulau Tikus, kawasan Kapal Karam, di sekitar dermaga pulau, serta di dekat pantai Pasir Perawan. Untuk menuju spot snorkeling yang berada di dekat hutan konservasi mangrove Anda bahkan bisa menggunakan perahu dayung tradisional saja, sementara untuk menuju spot snorkeling lainnya harus menggunakan perahu motor. Karena merupakan kawasan konservasi, terumbu karang di daerah ini terpelihara dengan baik ditambah ikan-ikan berwarna-warni yang berenang hilir mudik.

Hutang mangrove

Daerah pelestarian hutan mangrove Pulau Pari banyak yang mengatakan mirip dengan yang ada di Nusa Lembongan Bali. Untuk berkeliling hutan dengan perahu Anda cukup membayar sekitar 20 ribu per orang. Anda juga akan dibawa ke spot foto populer di kawasan tersebut, dimana pepohonan mangrove tumbuh lebat dan rapat.

Water sport

Jangan lewatkan untuk mencoba wahana olahraga di pulau wisata ini, tepatnya di Pantai Pasir Perawan. Di tepiannya yang tenang tanpa ombak inilah Anda bisa menyewa perahu karet atau kano dan berkeliling sekitar tepian pantai. Bila lebih suka mencoba water sport yang lebih seru Anda bisa memilih banana boat untuk ditunggangi bersama teman-teman.

Fotografi

Bagi para penghobby fotografi, spot foto yang indah dan unik rasanya tak pernah ada habisnya di pulau wisata Pari ini. Dari sejak menginjakkan kaki di pantai, jelajah hutang mangrove, foto di bawah air saat snorkeling, atau mengabadikan momen matahari terbenam yang cantik di Bukit Dermaga Matahari. Untuk penggemar selfie atau wefie rasanya wajib bagi Anda untuk berfoto di tempat ini dan segera mengunggahnya ke akun social media Anda.

Wisata kuliner

Pulau Pari bisa dibilang surganya penggemar hidangan laut. Bagaimana tidak, seafood tersedia mulai dari warung-warung makan kaki lima hingga warung makan rumahan di sini dengan harga yang sangat bersahabat. Pilihan lainnya adalah berpesta barbeque dengan memanggang ikan di pinggir pantai atau lokasi yang menjadi favorit adalah Bukit Dermaga Matahari.

Santai di tepi pantai Pengelola yang merupakan masyarakat setempat telah membangun saung-saung di sekitar pantai sebagai tempat beristirahat untuk wisatawan. Di sini Anda bisa duduk-duduk menikmati angin sepoi sambil menyaksikan panorama pantai yang indah ditemani segelas es kelapa muda yang segar.

Bersepeda

Hampir sama seperti atraksi wisata di pulau-pulau Kepulauan Seribu lainnya, di Pulau Pari Anda juga bisa bersepeda mengelilingi pulau. Tak perlu khawatir tersesat karena hanya ada satu jalan utama yang menghubungkan seluruh bagian pulau.

Fasilitas Paket Wisata Pulau Pari

Apa saja yang akan didapatkan ketika memilih paket wisata Pulau Pari? Berikut adalah fasilitas paket yang akan diterima secara umum oleh para wisatawan. Semakin lengkap paketnya maka akan menerima fasilitas yang lebih baik lagi. Dan harga pun menentukan berapa banyak akomodasi yang akan didapatkan oleh para wisatawan. Semakin tinggi harga maka akan semakin lama berada di pulau pari juga akan mendapatkan fasilitas serta akomodasi yang lebih banyak, lebih lengkap dan lebih memenuhi kebutuhan wisatawan itu sendiri.

  • Penginapan yang berada di dekat pantai yang akan memberikan peluang untuk wisatawan menikmati angin segar dan pemandangan indah langsung ke arah laut. Di malam hari, balkon bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sambil melakukan BBQ party bersama dengan keluarga. Balkon menjadi tempat yang nyaman dan strategis karena memiliki semua kebutuhan yang diperlukan oleh para wisatawan. Bagian tempat tidur tidak kalah menarik karena ada kasur yang nyaman, ruang tamu, kamar mandi dan kebutuhan lainnya yang akan memberikan rasa betah selama berada di pulau dalam rangka berwisata.
  • Sepeda bisa digunakan untuk mengeksplorasi pulau pari sekaligus menemukan spot spot indah di sepanjang pantai. Bersepeda biasanya dilakukan pagi hari atau ketika menjelang sore untuk memburu matahari terbenam di ufuk barat yang menakjubkan sebagai atraksi alam ciptaaan Tuhan.
  • Snorkeling dan peralatannya meliputi alat snorkeling, rompi atau pelampung, kaki katak dan kapal untuk menuju ke spot snorkeling yang sudah disediakan. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman melihat keindahan biota bawah laut yang jarang terlihat. Keindahan dan momen ini bisa diabadikan menggunakan kamera under water yang sudah disediakan pihak agen dan bisa langsung dibawa pulang fotonya sebagai kenang kenangan.

Informasi lebih lanjut mengenai bagaimana dan paket apa saja yang disediakan oleh pihak agen untuk wisata Pulau Pari, maka bisa langsung menghubungi kontak yang telah disediakan atau melihat website yang telah disediakan sehingga setidaknya ada gambaran tersendiri mengenai paket wisata pulau pari yang akan menggugah wisatawan untuk berkunjung ke pulau tersebut.

Paket Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu

Peserta

Paket Wisata Pulau Pari Menginap

2 hari 1 malam3 Hari 2 Malam
Via Kapal FeryVia kapal SpeedboatVia Kapal FeryVia kapal Speedboat
Lebih Dari 20Rp 325.000Rp 625.000Rp 440.000Rp 740.000
15-19Rp 335.000Rp 635.000Rp 460.000Rp 760.000
10-14Rp 355.000Rp 655.000Rp 470.000Rp 770.000
9Rp 385.000Rp 685.000Rp 500.000Rp 800.000
8Rp 395.000Rp 695.000Rp 540.000Rp 940.000
7Rp 415.000Rp 715.000Rp 540.000Rp 940.000
6Rp 435.000Rp 735.000Rp 670.000Rp 970.000
5Rp 475.000Rp 775.000Rp 650.000Rp 950.000
4Rp 515.000Rp 815.000Rp 700.000Rp 990.000
3Rp 685.000Rp 950.000Rp 740.000Rp 1.040.000
2Rp 825.000Rp 1.100.000Rp 1.030.000Rp 1.330.000

Fasilitas :

  • Tiket Kapal Pulang dan pergi baik  kapal fery atau kapal speedboat
  • Homestay Fasilitas Ac, Tv dan Dispenser
  • Makan (3x Untuk Paket wisata 2H 1M via Kapal fery),( 4x untuk paket wisata 2H 1M via Kapal speedboat ),( 6x Untuk Paket wisata 3H 2M via Kapal fery), (7x Untuk Paket wisata 3H 2M via Speedboat )
  • Bonus Barberqiu di akhir malam
  • Sepeda 1 unit 1 selama di pulau pari
  • Alat Snorkling lengkap 1 Orang 1 Set satu hari
  • Kapal Boat Tradisional untuk snorkling satu hari
  • Foto Dokumentasi Underwater pada saat snorkling
  • Bonus Jalan- jalan ke pantai pasir perawan ( Jika Ingin )
  • Bonus Jalan – jalan ke Ujung Lipi area Barat Pulau Pari ( Jika Ingin )
  • Bonus Jalan – jalan ke Pantai Kresek ( Jika Ingin )
  • Bonus Jalan- jalan ke Bukit Mata Hari ( Jika Ingin )
  • Bonus Jalan – jalan ke pantai Bintang ( Jika Ingin )
  • Bonus Jalan – jalan ke Pulau Tikus ( jika Masih ada waktu )
  • Bonus Jalan – jalan ke Pulau Kongsi ( jika Masih ada waktu )

 

Paket wisata Pulau Pari yang lainya :

  • paket wisata menginap 1 malam di pulau tidung 1 Malam di pulau Pari
  • paket wisata menginap 1 malam di pulau pramuka 1 malam di pulau Pari
  • paket wisata menginap 2 malam di Pulau Tidung 2 malam di pulau pari
  • Paket wisata menginap 2 Malam di pulau pramuka 2 malam dipulau Pari