Fakta Unik Mengenai Pulau Seribu

Memastikan Kenyamanan Dengan Paket Wisata Pulau Ayer
December 25, 2015
Berlibur Ke Pulau Bidadari Tidak Harus Mahal
December 26, 2015
Show all

Fakta Unik Mengenai Pulau Seribu

Pulau Seribu memiliki banyak keindahan yang sampai saat ini berhasil diungkap semuanya. Keindahan yang banyak diberitakan merupakan sebagian dari banyaknya keelokan yang dimiliki oleh pulau tersebut. Dan sekarang saatnya untuk menceritakan beberapa fakta yang menarik mengenai kepulauan seribu yang merupakan kepulauan yang indah yang ada di utara ibu kota Jakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata yang terfavorit saat ini. Banyak paket wisata yang menjadikan pulau yang ada di kepulauan seribu sebagai destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi karena letaknya yang strategis dan keindahannya yang memukau.

 

Beberapa Fakta Mengenai Pulau Seribu

pulau-bidadari-jalan-jalan-pulau-cipirBerdasarkan sebuah data yang dimiliki oleh PTD, telah ditemukan mengenai fakta menarik yang dimiliki oleh Pulau Seribu yang mungkin saja belum banyak orang yang mengetahui mengenai fakta tersebut. Apa saja faktanya? Berikut uraiannya.
• Pulau seribu menjadi tempat untuk para Belanda yang memiliki budak dengan tagline yang sangat menarik yaitu semakin keren budak yang dimiliki maka majikan akan dinilai sebagai majikan yang oke dan memiliki penampilan yang fashionable sehingga di jaman dulu Pulau Seribu menjadi tempat untuk para budak yang memiliki penampilan yang menarik dan mampu dijadikan sebagai indikator untuk setiap majikan yang memiliki budak tersebut
• Mayoritas orang belanda yang hidup di Pulau Seribu memiliki usia meninggal yang muda. Hal itu disebabkan mereka masih ingin mempertahankan pakaian yang mereka bawa dari Belanda dan menggunakannya di Indonesia yang merupakan Negara tropis. Pada jaman itu ada prinsip bahwa semakin tebal baju yang digunakan maka akan menjadi sebuah kebanggaan dan semakin dipandang baik sebagai bangsawan. Padahal suhu di Indonesia tidak pernah mencapai derajat minus seperti yang sering kali terjadi di Belanda.
• Pulau yang dinamai Seribu menjadi gudang untuk rempah rempah yang dikumpulkan pada masa Daendles. Uniknya rempah rempah tersebut dikumpulkan bukan untuk Belanda melainkan untuk Perancis yang secara tidak langsung menjajah Belanda di Indonesia.
• Di Pulau Onrust ada bengkel kapal yang paling modern karena di pulau tersebut banyak kapal yang singgah yang sudah melakukan pelayaran jauh dengan perlengkapan paling lengkap di jamannya. Pulau Onrust menjadi pulau untuk beristirahat karena letaknya yang strategis dan memiliki alat untuk memperbaiki kapal yang lengkap. Bahkan pada saat itu di pulau onrust ada alat yang bisa memodifikasi kapal layar menjadi kapal uap.
• Selain menjadi tempat persinggahan kapal, pulau onrust pun ditengarai memiliki harta karun yang banyak karena ada kapal karam yang jumlahnya mencapai ratusan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa harta karun yang disebut sebut tidak berada di dalam kapal yang karam akan tetapi berada di daratan dan sudah dikubur oleh orang Belanda pada saat itu.
• Pulau yang ada di kepulauan seribu terdiri dari beberapa pulau besar, namun tidak semua dihuni oleh Belanda sehingga pada saat ini pun masih banyak pulau yang tidak berpenghuni karena keterbatasan sumber air serta fasilitas.

Demikian beberapa fakta yang menarik dan unik mengenai Pulau Seribu. Meskipun kandungan sejarah yang ada pada beberapa pulau yang ada di kepulauan Seribu merupakan hal yang penting, disadari atau tidak semuanya seperti diabaikan begitu saja. Semoga dengan semakin meningkatnya potensi wisata yang sedang dikembangkan, wisata sejarah pun turut dijadikan sebagai objek yang menarik untuk dikunjungi sambil menikmati keindahan pulau dari berbagai sudut.

Leave a Reply