Fakta Unik dari Pulau Pari

Itenerary Wisata Pulau Pari 2 Hari 1 Malam
December 27, 2015
Mitos yang Ada di Pulau Pari
December 27, 2015
Show all

Fakta Unik dari Pulau Pari

Nama dari Pulau Pari terkenal dari pantai pasir perawan yang tidak asing lagi di telinga para pecinta bepergian atau traveler baik lokal atau pun mancanegara. Pantai yang ada di timur laut di pulau pari itu merupakan sebuah pantai yang indah dan telah mengalami banyak perkembangan dalam waktu yang singkat. Dalam beberapa tahun yang telah terlewati, ada banyak yang bertanya bagaimana hal itu terjadi, ternyata dukungan pemerintah setempat sangatlah banyak dan tinggi untuk pengembangan potensi wisata dari pantai tersebut. Maka jika akan dibahas dengan detail mengenai fakta unik dari pulau juga termasuk di dalamnya pantai pasir perawan.

 

Fakta Menarik dan Unik dari Pulau Pari

Di pulau yang memiliki luas sekitar satu hektar, ada banyak fakta unik termasuk di dalamnya mengenai asal usul dari pantai yang diberi nama pantai pasir perawan. Pantai yang memiliki pasir putih yang lembut yang ada di Pulau Pari dikenal juga bernama tanjung Nailun yang diambil dari nama seorang pedagang sekaligus saudagar yang berasal dari Betawi yang mempunya tanah seluas pulau yang sekarang dikenal sebagai pulau pari. Kemudian dalam waktu beberapa tahun silam, namanya berganti menjadi pantai pasir perawan dengan diawali oleh sebuah peristiwa yang menyedihkan yang masih diingat oleh masyarakat sekitar.

pulau-pari-kepulauan-seribuDahulu di pantai pasir perawan Pulau Pari ada dua anak yang sedang bermain di pantai lalu satu anak laki laki pulang sambil menangis dan mengatakan bahwa teman bermainnya yang berjenis kelamin perempuan sudah dibawa oleh burung gagak yang berukuran besar. Seorang warga dari pulau yang bernamam Mansur mengatakan dengan jujur bahwa dirinya pun melihat peristiwa yang menyedihkan itu. Seluruh warga di kampung pulau terheran heran karena hal yang terjadi adalah hal yang aneh dan terjadi pula di siang hari. Semua warga mencari anak yang hilang tersebut mengelilingi pulau dan laut di sekitar. Pada saat itu burung gagak memang mendominasi pulau.

Sayangnya, sang anak perempuan tidak kunjung ditemukan. Hingga pada waktu yang terus berganti, peristiwa semakin dikenang sebagai peristiwa yang sedih. Untuk mengenangnya maka diubahlah nama pantai itu menjadi pantai pasir perawan. Di tahun 2010, ada peningkatan di perkembangan wisata di kepulauan seribu terutama di Pulau Pari. Warga pun mulai menyadari bahwa potensi wisata yang ada akan mendatangkan banyak peluang bisnis dan penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan yang mereka dapatkan sekarang. Kemudian atas inisiatif sendiri, maka mereka membuka pantai untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Ketika dibuka, maka pantai menjadi sebuah pantai yang sangat indah dan setiap warga berbondong bondong untuk mengganti nama Tanjung Nailun menjadi nama yang lain. Karena teringat dengan anak perempuan yang hilang, juga eksotisme dari alam seperti perawan maka namanya menjadi nama pantai pasir perawan hingga sekarang. Banyak wisatawan yang bertanya Tanya mengenai asal usus nama tersebut lalu menceritakan mengenai kondisi pertama ketika pantai dibuka yang sangat indah dan benar benar indah seperti keelokan perawan

Untuk wisatawan yang ingin berlibur maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai pasir perawan yang masih sangat asri dan benar benar bisa dinikmati keindahannya yang sangat fantastis. Berlibur di
Pulau Pari tepatnya di pulau pasir perawan menjadi sebuah liburan singkat yang terjangkau dimana tiket masuknya pun tidak mahal dan bisa dengan mudah mendirikan tenda di sekitar pantai. Atau bisa juga membawa koper dan menginap di home stay yang telah disediakan oleh penduduk dengan beragam harga yang bisa dipilih.

Leave a Reply