Fakta Objek Wisata Pulau Tidung

Aneka Wisata di Pulau Tidung
December 29, 2015
Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung
December 30, 2015
Show all

Fakta Objek Wisata Pulau Tidung

Ada beberapa pulau di pulau seribu yang menjadi objek wisata yang menyenangkan, satu diantaranya adalah Pulau Tidung yang merupakan pulau yang memiliki luas yang cukup banyak yaitu sekitar 109 hektar dengan beberapa fakta menarik di dalamnya. Pulau ini sebenanrnya di bagi ke dalam dua bagian yaitu pulau tidung besar yang memiliki penduduk serta dihuni, sedangkan satu lagi adalah pulau tidung kecil yang tidak dihuni dengan keindahan yang memesona. Banyak wisatawan yang datang ke pulau untuk menikmati keindahannya, akan tetapi tidak semua orang mengetahui fakta mengenai pulau tidung yang sebenarnya.

 

Fakta Mengenai Pulau Tidung

Pulau Tidung ialah pulau yang besar dengan nilai histori yang cukup tinggi. Disebutkan bahwa pulau tidung diambil dari nama seorang raja yang meninggal di pulau tersebut dimana pada masa itu adalah masa penjajahan Belanda. Namun beberapa diantara sejarah yang ada menyebutkan bahwa tidung itu sendiri merupakan arti dari berlindung yang artinya pulau tempat berlindung dimana pada saat itu banyak warga yang mengasingkan diri ke pulau tidung untuk menghindari penjajahan belanda yang meminta pajak dan menyiksa secara kejam masyarakat yang ada. Pulau ini merupakan sisi pusat dari kecamatan kepulauan seribu bagian selatan yang terdiri dari tiga kelurahan.

Pulau-tidung-besar-dari-atasyang pertama adalah kelurahan untung jawa, lalu ada kelurahan Pulau pari dan kelurahan Pulau Tidung itu sendiri. Ada hamparan pasir dari arah barat kea rah timur yang menjadi pasir di pulau tidung dengan dipisahkan oleh cekungan dimana di atas cekungan tersebut ada jembatan yang cukup terkenal yaitu jembatan cinta. Cekungan ini memisahkan pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil yang menjadi dua objek wisata yang menakjubkan karena keindahan yang ada di sekitar pantai dan di dalam laut pulau. Wisatawan yang datang menjadi tertarik untuk menjelajah di pulau untuk menikmati semua hal yang ada di pulau yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Jembatan cinta merupakan jembatan dengan panjang sekitar 2,5 km dengan keindahan yang eksotis. Penduduk di sekitar pulau memberikan nama jembatan tersebut dengan jembatan cinta karena di lokasi tersebut banyak wisatawan yang menemukan pasangannya dan berjalan bersama pasangan ketika berlibur di Pulau Tidung. Di sebelah timur pulau ada yang disebut pantai tanjongan timur yang ada di depan jembatan cinta dengan pasirnya yang berwarna putih. Di pantai ini biasanya didirikan tenda penjual makanan dengan berbagai ragam pilihan juga dijadikan sebagai tempat istirahat yang aman dan menawan karena bisa digunakan juga untuk berenang.

Di pulau yang indah ini ada lapangan volley yang bisa digunakan untuk berolahraga dan bermain selama berada di pulau. Lalu jika berjalan ke arah barat akan ditemukan pantai tanjung barat. Pantai ini kurang dikenal oleh wisatawan sehingga suasananya menjadi sepi akan tetapi jika ingin berlibur dan mencari privasi maka tidak ada salahnya untuk menginap di sekitar pantai tanjong barat supaya bisa menikmati keindahan matahari tenggelam di sore hari. Perasaan takjub dan terpesona akan dirasakan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Jika berlibur bersama dengan keluarga, maka berkunjung juga ke pantai ini.

Di sekitar Pulau Tidung, ada pelabuhan betok yang menjadi tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal yang ingin bersandar dan menepi ke pulau. Pelabuhan utamnya ada di area hilir mudik wisatawan juga menjadi tempat memancing yang menyenangkan untuk para wisatawan. Jika malam tiba maka pemandangan di pelabuhan betok amatlah indah dengan hamparan laut dan bintang yang bersinar di langit.

Comments are closed.