Aneka Wisata di Pulau Tidung

Eksplore Wisata Bawah Laut Pramuka Dengan Lebih Dekat
December 29, 2015
Fakta Objek Wisata Pulau Tidung
December 30, 2015
Show all

Aneka Wisata di Pulau Tidung

Mau liburan tapi tidak punya banyak waktu? TIdak usah berpikir dan bingung karena Pulau Tidung bisa menjadi jawaban atas kebingungan tersebut. Bagaimana tidak, pulau mempesona tersebut ternyata ada di utara Jakarta yang bisa ditempuh beberapa jam saja dari Muara Angke atau dari Dermaga Marina. Dengan perjalanan sepanjang laut yang menyenangkan maka bisa langsung menikmati pantai pasir putih yang luas menenangkan juga laut biru yang terhampar seperti tanpa batas. Apalagi yang bisa dilakukan selain mencoba bersyukur karena tempat indah seperti itu masih bisa dijangkau dengan mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

 

Ada Apa di Pulau Tidung?

Di Pulau Tidung ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan karena di pulau tersebut ada ragam wisata dimulai dari wisata pantai, wisata sejarah dan wisata alam yang menenangkan mata. Karena pulau ini merupakan pulau yang berada di gugusan pulau seribu maka daya tariknya menjadi lebih baik dengan mendatangkan banyak wisatawan lokal atau pun wisatawan asing untuk berkunjung ke pulau. Ada sekitar 5000 jiwa yang mendiami pulau dimana pulau tidung sendiri dibagi menjadi dua yaitu pulau tidung besar dan tidung kecil. Akan tetapi hanya pulau tidung besarlah yang didiami oleh manusia dan sudah dihuni sejak beberapa tahun yang lalu

pantai-pulau-tidung-kecilSebagai objek wisata bahari, Pulau Tidung menawarkan banyak sekali keindahan terumbu karang yang asri dan masih alami. Perawatannya benar benar dilakukan dengan baik sehingga ekosistem pun menjadi lebih baik dan jarang di temukan di tempat manapun. Objek wisata menarik lainnya yang ada di pulau adalah jembatan cinta plus pesona luar biasa dari pantai dan keindahan laut yang ada di sepanjang mata memadang dari pulau ke horizon. Lepas pantai yang indah menjadikan sebuah momen terbaik dapat diciptakan. Pulau tidung cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan menciptakan inspirasi yang luar biasa.

Pulau Tidung pun terkenal dengan wisata sejarah dimana di pulau tersebut akan ditemukan makam raja tidung yang menjadi asal muasal nama tidung itu sendiri. Menurut cerita masyarakat setempat, ada raja Pandita yang dibuang oleh pemerintah Belanda ke pulau dan terkenal lah pulau tersebut dengan nama pulau tidung. Kemudian di tahun 2011, makam raja pandita dipindahkan dari ujung barat ke tempat yang sekarang berada.

 

Berlibur Sambil Belajar di Pulau TIdung

Saking banyaknya hal yang bisa dilakukan di pulau tidung maka tidak ada salahnya untuk mengajak serta anak anak ketika masa liburan sudah tiba. Mereka bisa mempelajari berbagai hal yang ada di pulau. Anak anak bisa melihat bagaimana keaneka ragaman hayati yang tumbuh dan berkembang di pulau dimana pembelajaran ini bisa menjadi sebuah tambahan ilmu pengetahuan yang mungkin tidak didapatkan di sekolah atau di kelas. Selain itu, anak pun bisa mencoba untuk menyesuaikan diri bersama alam sehingga kecerdasan akan lingkungannya menjadi lebih meningkat supaya kesadaran diri anak pun terhadap alam menjadi lebih baik.

Jadi tunggu apalagi, jika Anda sedang merencanakan untuk melakukan liburan maka Pulau Tidung bisa menjadi sebuah destinasi yang menyenangkan untuk dijadikan tempat berwisata. Selain karena jaraknya dengan ibu kota, yaitu hanya 3 jam menggunakan kapal laut maka liburan dua atau tiga hari pun bisa dilakukan dengan maksimal. Semua orang bisa bersenang senang menikmati alam sambil mempelajari apa yang diberikan alam kepada kita sebagai tanda bahwa alam pun memberikan banyak makna untuk manusia.

Comments are closed.